EKSPLORASI TARI REMO UNTUK LITERASI MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
EXPLORATION OF REMO DANCE FOR ELEMENTARY SCHOOL MATHEMATICS LITERACY
Minimnya pemanfaatan budaya terhadap literasi di sekolah, menyebabkan budaya tersebut mudah untuk terlupakan. Untuk itu perlu diadakan sebuah penelitian dengan tujuan untuk mengeksplorasi tari Remo sebagai literasi, terutama literasi matematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam tari Remo terdapat bermacam-macam aktivitas matematika, seperti aktivitas mengukur, menghitung, dan menentukan lokasi; (2) Hasil dari eksplorasi matematika dapat digunakan untuk literasi matematika di sekolah dasar, karena dalam tari Remo terdapat aktivitas matematika yang dapat mendukung literasi matematika terutama di sekolah dasar.
Kata kunci: Eksplorasi, Tari Remo, Literasi Matematika
The lack of cultural utilization of literacy in schools, makes the culture easy to forget. Therefore, a study is needed with the aim of exploring Remo dance as literacy, especially mathematics literacy in elementary school. This study uses qualitative research type with ethnographic approach. Data collection techniques using interview, observation, and documentation methods using instruments.The results of this study show that: (1) In Remo dance there are various mathematical activities, such as measuring, calculating, and determining location; (2) The results of the exploration of mathematics can be used for mathematical literacy in elementary schools, because in Remo dance there are mathematical activities that can support mathematical literacy, especially in elementary schools.
Keywords: Exploration, Remo Dance, Mathematics Literacy