Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Melatihkan Kemampuan Metakognitif Peserta Didik Sekolah Dasar
Development of Learning Media Based on Realistic Mathematics Education to Train the Metacognitive Ability of Elementary School Students
ABSTRAK
Anis, Fauziana. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Melatihkan Kemampuan Metakognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof Dr. Mega Teguh Budiarto, M.Pd ., dan (II) Dr Wiryanto, M.Si.
Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Realistics Mathematics Education dan Kemampuan Metakognitif
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education untuk melatihkan kemampuan metakognitif peserta didik sekolah dasar yang baik.
Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase, yaitu: (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi dan revisi, serta (5) fase implementasi. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas V SDN Klakahrejo I/578. Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Penilaian Hasil Belajar (PHB) dan Tes Kemampuan Metakognitif (TKM) berupa angket kemampuan metakognitif. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitif. Subyek penelitian ini berjumlah 46 peserta, 26 peserta didik sebagai subyek dalam ujicoba dan 20 peserta didik sebagai subyek dalam implementasi hasil perangkat yang dikembangkan.
Hasil ujicoba dan implementasi perangkat pembelajaran ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik karena sudah memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari (1) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran berkategori terlaksana dengan sangat baik, (2) aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berkategori aktif, (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran berkategori positif, (4) ketuntasan belajar siswa secara klasikal tercapai dan (5) kemampuan metakognitif meningkat diperoleh dari hasil angket pretest dan postest. Kegiatan belajar dalam setiap pembelajaran baik pada kelas implementasi maupun eksperimen mengacu pada learning trajectory yang telah dikembangkan peneliti. Melalui learning trajectory inilah metakognisi dilatihkan dalam pembelajaran Realistic Mathematics Education dilihat dari aktivitas metakognitif yang dilakukan peserta didik selama pembelajaran. Aktivitas metakognitif tersebut meliputi kegiatan merencanakan yaitu peserta didik memahami masalah dan menggunakan informasi atau pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah dan kegiatan memantau yang meliputi memberikan tanda ceklist pada rencana penyelesaian yang telah dilaksanakan dan melakukan perhitungan secara cermat.
ABSTRACT
Anis, Fauziana. 2020. Development of Learning Media Based on Realistic Mathematics Education to Train the Metacognitive Ability of Elementary School Students Thesis. Graduate Program, State University of Surabaya. Advisors (I) Prof Dr. Mega Teguh Budiarto, M.Pd. and (II) Dr. Wiryanto, M.Si.
Keywords: Learning Media, Realistic Mathematics Education, Metacognitive Ability, learning trajectory.
This development research aimed to produce well-developed learning media based on Realistic Mathematics Education to train the metacognitive abilities of elementary school students.
The process of developing the learning media employed Plomp development model consisting of five phases, namely: (1) preliminary investigation phase, (2) design phase, (3) realization phase, (4) test, evaluation and revision phase and (5) implementation phase. The subjects in this study were 5th graders in SDN Klakahrejo I/578. The media developed in this study were the syllabus, Lesson Plan (RPP), Student Activity Sheet (LKPD), Learning Outcomes Assessment (PHB) and Metacognitive Ability Test (TKM) in the form of a metacognitive ability questionnaire. Data analysis method in this research is descriptive quantitative. The subjects of this study were 46 participants, 26 students as subjects in the trials and 20 students in the implementation of the developed tools.
The results of testing and implementation of the learning media indicated that the developed learning media was of good quality. It could be observed from (1) the excellent implementation of learning activities, (2) the activities of students in learning was categorized as ‘active’, (3) positive students' responses to the learning, (4) the students collectively achieved the passing score and (5) increasing metacognitive abilities were obtained from the results of the pretest and posttest questionnaires. Learning activities in every learning both in the class implementation and experiment refered to the learning trajectory that had been developed by the researchers. The metacognitive ability was trained by using the learning trajectory in Realistic Mathematics Education learning through metacognitive activities performed by the students during learning. Metacognitive activities include planning activities, namely students understand the problem and use the information or knowledge they have to solve the problem and moitoring activities which include giving a checklist to the completion plan that has been implemented and doing a careful calculation.