Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran kubus struktur terhadap kemampuan menulis kalimat bahasa Mandarin pada siswa kelas XI SMK Yapalis Krian Belajar menulis kalimat bahasa Mandarin lebih mudah jika menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media kubus struktur. Cara penggunaan media kubus struktur hanya diputar-putar setiap gatranya sehingga tersusun kalimat yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang (1) penerapan media kubus struktur dalam pembelajaran menulis kalimat bahasa Mandarin siswa kelas XI SMK Yapalis Krian tahun ajaran 2018/2019, (2) pengaruh penggunaan media kubus struktur dalam pembelajaran menulis kalimat bahasa Mandarin siswa kelas XI SMK Yapalis Krian tahun ajaran 2018/2019 dan (3) respon siwa kelas XI SMK Yapalis Krian dalam penggunaan media kubus struktur pada pembelajaran menulis kalimat bahasa Mandarin tahun ajaran 2018/2019.
Untuk menjawab permasalahan diatas digunakan jenis penelitian True Experimental Design yang menggunakan dua kelas sebagai objek penelitian yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitataif. Sampel yang digunakan berjumlah 84 siswa yaitu seluruh siswa kelas XI MM-1 dan XI AK-1 yang masing-masing berjumlah 42 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi aktivitas guru dan siswa, pre-test dan post-test, serta angket respon siswa. Teknik observasi aktivitas guru dan siswa digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis kalimat bahasa Mandarin menggunakan media kubus struktur, pre-test dan post-test digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang kemampuan menulis kalimat bahasa Mandarin menggunakan media kubus struktur, sedangkan teknik angket siswa digunakan untuk memperoleh data kualitatif tentang respon siswa dalam pembelajaran menulis kalimat bahasa Mandarin menggunakan media kubus struktur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru kelas eksperimen pada pertemuan pertama dan kedua masing-masing 73,68%; 72,22% ; aktivitas siswa masing-masing 79,16%; 75%. Nilai rata-rata kemampuan menulis kalimat bahasa Mandarin siswa pada pertemuan pertama sebelum menggunakan media kubus struktur 50,40 dan setelah menggunakan media kubus struktur nilai rata-rata meningkat 86,78, sedang nilai KKM yaitu 70. Kemudian angket respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran kubus struktur pada pembelajaran menulis kalimat bahasa Mandarin pada soal nomor 1 sampai soal nomor 3, soal nomor 6 sampai nomor 11 menunjukkan hasil sangat baik, hal itu dibuktikan pada soal nomor 1 sampai soal nomor 3, soal nomor 6 sampai nomor 11 masuk ke dalam kriteria sangat baik yaitu 81-100%. Sedangkan pada soal nomor 4, 5, dan 12 masuk ke dalam kriteria baik yaitu 60-80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kubus struktur dapat digunakan untuk pembelajaran menulis kalimat bahasa Mandarin siswa kelas XI SMK Yapalis Krian tahun ajaran 2018/2019.
This research discusses about the influence of the using structure cube media to the ability of writing chinese for XI grade students of Yapalis vocational high school Learning to write Mandarin sentences will be easier if using learning media. One of learning medias that can be used is structure cube media. The way to use the structure cube media is only rotated every time so that the appropriate sentence is arranged. The purpose of this study was to obtain a description of (1) the application of structure cube media in learning to write Mandarin sentences in Yapalis Krian Vocational High School grade XI academic year 2018/2019, (2) the influence of the use of structure cube media in learning to write Mandarin sentences in Yapalis Krian Vocational High School grade XI academic year 2018/2019 and (3) the response of Yapalis Krian Vocational Grade XI students in the use of structure cube media in learning to write Mandarin sentences in the academic year 2018/2019.
To answer the problems above, used the type of research True Experimental Design that uses two classes as the object of research, namely the control class and the experimental class. This research method are qualitative and quantitative descriptive. The amount of sample that is used 84 students that is whole students of class XI MM-1 and XI AK-1, each of them consists of 42 students. The data are collected using observation technique for teachers and students activities, pre-test and post-test, and student response questionnaires. Observation technique for teachers and students activities is used to obtain quantitative data about teachers and students activities in learning to write Chinese sentences using structure cube media, pre-test and post-test are used to obtain quantitative data about the ability of writing Chinese sentences using structure cube media, while the student questionnaire technique is used to obtain qualitative data about students' responses in learning to write Chinese sentences using structure cube media.
The results show that the activities of the experimental class teachers in the first and second meetings respectively are 73.68% ; 72.22%; student activities respectively 79.16%; 75%. The average score of students ability in writing Chinese sentences in the first meeting before using the structure cube media is 50,40 and after using the structure cube media the average score increases 86,78 while the KKM score is 70. Then the questionnaires of students’ responses to the use of structure cube learning media in learning to write Chinese sentences on questions number 1 until 3, questions number 6 until 11 show very good results, it is proven on questions number 1 until 3, questions number 6 until 11 are included into the very good criteria of 81-100%. Whereas the questions number 4, 5 and 12 are included into the good criteria of 60-80%. Thus it can be concluded that the use of structure cube media can be used for learning to write Chinese sentences for students of Yapalis Krian Vocational High School Grade XI academic year 2018/2019.