Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi smartphone yang sangat cepat. Namun pesatnya perkembangan teknologi ini tidak berbanding lurus dengan pemanfaatan oleh masyarakat terlebih pada bidang Pendidikan. Selain itu kurangnya media pembelajaran mata pelajaran CNC khususnya di sekolah SMK PGRI 1 Gresik, yang berakibat pada tidak maksimalnya hasil belajar pada siswa di sekolah SMK PGRI 1 Gresik.
Merujuk pada permasalahan tersebut peneliti membuat media pembelajaran berbasis Android untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan teknologi yang sering digunakan oleh siswa sehari-hari, yang nantinya diharapkan siswa dapat mereview pelajaran yang telah disampaikan di sekolah kapanpun, dan dimanapun. Selanjutnya pengaruh dari media yang dibuat diteliti menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control untuk mengetahui kemampuan awal dan akhir antara kelompok eksperimen dan kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen menunjukkan rata-rata nilai sebesar 80.14 dengan rata-rata nilai awal sebesar 57.78, sedangkan kelompok kontrol menunjukkan rata-rata nilai sebesar 67.64 dengan nilai awal sebesar 58.2
This research is motivated by the rapid development of smartphone technology. But the rapid development of this technology is not directly proportional to the utilization by the community especially in the field of Education. In addition, there is a lack of learning media for CNC subjects, especially in the SMK PGRI 1 Gresik school, which results in not achieving maximum learning outcomes for students at Gresik 1 SMK PGRI school.
Referring to the problem, the researcher made an Android-based learning media to improve student learning outcomes by utilizing technology that is often used by everyday students, which later expected students can review lessons that have been delivered at school anytime, anywhere. Furthermore, the influence of the media made was examined using the experimental method with Pretest-Posttest Control design to determine the initial and final abilities between the experimental and control groups.
The results showed that the experimental group showed an average value of 80.14 with an average initial value of 57.78, while the control group showed an average value of 67.64 with an initial value of 58.2