Integrasi Karakter dan Integrasi Pembelajaran Literasi dalam Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Semester Genap
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan integrasi karakter pada modul bahasa Indonesia kelas VII, dan integrasi pembelajaran literasi pada modul bahasa Indonesia kelas VII. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian berupa angka yang diperoleh dari hasil penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah modul bahasa Indonesia kelas VII SMP semester genap ditulis oleh Listiya Susilawati diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dengan lembar observasi yang berisi indikator integrasi karakter, dan integrasi pembelajaran literasi pada modul bahasa Indonesia. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian integrasi karakter pada modul pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII yaitu nilai karakter yang terintegrasi dalam modul pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII semester genap, terdapat tujuh nilai karakter yang terintegrasi yaitu: religius, disiplin, tanggung jawab, kreatif, kritis, bekerja sama, dan percaya diri. Pada bab 1 terdapat empat nilai karakter yang terintegrasi, yaitu religius, disiplin, tanggung jawab, dan kreatif. Pada bab 2 terdapat dua nilai karakter yang terintegrasi, yaitu kritis dan kreatif. Pada bab 3 terdapat empat nilai karakter yang terintegrasi, yaitu bekerja sama, tanggung jawab, percaya diri, dan kreatif. Integrasi pembelajaran literasi pada modul bahasa Indonesia kelas VII yaitu pembelajaran literasi yang terintegrasi dalam modul bahasa Indonesia kelas VII yaitu literasi teknologi, literasi informasi, literasi komunikasi, literasi visual, literasi media, dan literasi komputer. Akan tetapi, dalam modul bahasa Indonesia kelas VII terdapat tiga pembelajaran literasi yang sangat terintegrasi, yaitu literasi informasi, literasi komunikasi, dan literasi visual. Tiga pembelajaran literasi tersebut sangat terintegrasi karena hasil perolehan skor yang didapatkan. Modul bahasa Indonesia kelas VII dapat menarik minat peserta didik untuk membaca dan mempelajari teks, karena disajikan dengan gambar yang menarik, teks bacaan disajikan dengan ringkas sehingga peserta didik bisa mudah memahami informasi yang didapatkan dari buku.
Kata Kunci: integrasi karakter, integrasi pembelajaran literasi
The purpose of this study is to describe the intogration of characters in the indonesian class VII module, and the integration of litercay learning in the Indonesian class VII module. The method used is descriptive quantitative method. Research data in the form of numbers obtained from research results. The data source in this study is the Indonesian language module for class VII SMP even semester written Listiya Susilawati published by Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia in 2020. The data collection technique uses observation techniques with observation sheets containing indicators of character integration, and integration of litercay learning in the Indonesian language module. Data analysis techniques using descriptive quantitative data analysis techniques. The results of the integration of character in the Indonesian language learning module for class VII Indonesian Language Learning Module. Self in chapter 1 thre are four integrated character values, namely religious, disciplined, responsible, and creative. In chapter 2 thre are two integrated character values, namely critical and creative. In chapter 3 there are four integrated character values, namely cooperation, responsibility, confidence, and creativity. The integration of literacy learning in the Indonesian language module for class VII is literaacy learning in the Indonesian language module for class VII is literacy learning that iis integrated in the class VII Indonesian language module, namely technological literacy, information literacy, communication literacy, visual literacy, media literacy, and computer literacy. However, in the Indonesian class VII module three integrated literacy lessons, namely information literacy., communication literacy, and visual literacy. The three literacy lessons are highly integrated because of the skores obtained. The indonesian class VII module can attract students’ interest to read and study the text, because it is presented with summary so that students can understand the information obtained from the book.
Keywords: character integration, literacy learning integration