BASA DOL TINUKU PAK CEMPLON ING SAJRONE YOUTUBE AKUN DOLAN ADOH
TINTINGAN SOSIOLINGUISTIK
Bahasa yang bermacam-macam salah satunya bisa ditemukan di kehidupan sehari-hari. Manusia akan menggunakan bahasa untuk sebagai media komunikasi terhadap satu manusia ke manusia yang lainya. Komunikasi dapat terjadi karena adanya kebutuhan untuk mengeluarkan pendapat demi tercapainya sesuatu keinginan yang ingin disampaikan. Bahasa dapat ditemukan di pasar. Pasar salah satu tempat manusia sering melakukan komunikasi untuk tawar-menawar suatu barang. Penelitian ini menggunakan objek salah satu penjual dipasar yang bernama Pak Cemplon. Pak cemplon sendiri menggunakan bahasa dialek yang unik dan pembawaanya sangat menghibur para pembelinya sehingga para pembeli ataupun orang yang sebelumnya tidak tertarik menjadi tertarik apa yang ditawarkan oleh Pak Cemplon. Maka permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana wujud bahasa dalam jual-beli Pak Cemplon di dalam youtube akun dolan adoh, (2) bagaimana wujud campur kode bahasa dalam jual-beli Pak Cemplon di dalam youtube akun dolan adoh, (3) apa tujuan yang terkandung dalam bahasa di jual-beli Pak Cemplon di dalam youtube di akun dolan adoh. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan tentang apa saja variasi bahasa yang digunakan Pak Cemplon sehingga menarik perhatian pembelinya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif menggunakan metode sosiolinguistik. Sumber data yang digunakan dari youtube akun dolan adoh. Data yang digunakan berupa video Pak Cemplon ketika menawarkan barang daganganya. Intrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan cara mengumpulkan data dan mengolah data.
Hasil dari ragam bahasa di media sosial di dalam youtube akun dolan adoh mempunya delapan bagian, yaitu ragam bahasa ngoko-indonesia, ngoko-krama, dialek jawa tengahan, ragam bahasa transaksi, wujud slang, campur kode sisipan unsur tembung, campur kode sisipan unsur frasa, dan tujuan. Hasil dalam penelitian ini dapat diketahui dari hasil analisis dari video Pak Cemplon ketika menawarkan barangnya menggunakan berbagai macam variasi bahasa Jawa. Video Pak Cemplon di dalam youtube di akun dolan adoh sering menggunakan bahasa Jawa dialek dan logat Jawa tengahan yang mengandung ragam bahasa dan campur kode. Ragam bahasa dan campur kode dianggap lebih menarik dan variatif untuk inovasi jual beli Pak Cemplon.
Kata Kunci: Ragam Bahasa, Sosiolinguistik, Pasar, Pak Cemplon
One of the various languages can be found in everyday life. Humans will use language as a medium of communication from one human to another. Communication can occur because of the need to express an opinion in order to achieve something you want to convey. Languages can be found in the market. The market is one of the places where humans often communicate to bargain for an item. This study uses the object of one of the sellers in the market named Pak Cemplon. Pak Cemplon himself uses a unique dialect language and the carrier is very entertaining to the buyers so that buyers or people who were not previously interested become interested in what Mr. Cemplon has to offer. So the problems that will be discussed in this research are (1) what is the form of language in Mr. Cemplons buying and selling on the YouTube account of Dolan Adoh, (2) how is the form of language code mixing in Mr. Cemplons buying and selling on the YouTube account of Dolan Adoh, ( 3) what are the objectives contained in the language of Mr. Cemplons trading on YouTube on the dolan adoh account. The purpose of this study is to explain about the variations in the language used by Mr. Cemplon so as to attract the attention of his buyers. This research is included in qualitative research using sociolinguistic methods. The data source used is from YouTube's dolan adoh account. The data used is a video of Mr. Cemplon when offering his merchandise. The research instrument in this study uses how to collect data and process data.
The results of the variety of languages on social media on the YouTube account Dolan Adoh have eight parts, namely the variety of Indonesian-Indonesian language, ngoko-krama, Middle Javanese dialect, various transaction languages, slang forms, mixed insert code of word elements, mixed insert code of phrase elements , and goals. The results of this study can be seen from the results of the analysis of Mr. Cemplons video when offering his goods using various variations of the Javanese language. Pak Cemplons videos on YouTube on the dolan adoh account often use the Javanese dialect and middle Javanese accent which contains various languages and mixed codes. Various languages and mixed codes are considered more interesting and varied for Mr. Cemplons buying and selling innovation.
Keywords: Language Variety, Sociolinguistics, Market, Pak Cemplon