Implementasi Teknik Improvisasi dalam Pelatihan Ekstrakurikuler SMAN 1 Babat
ABSTRAK
Ekstrakurikuler merupakan kegiatan di luar kurikulum utama sekolah (sebagai kurikulum pendamping) yang memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, keterampilan, kepribadian, dan kemandirian peserta didik secara optimal. Demikian pula dengan SMAN 1 Babat yang menghimpun berbagai kegiatan ekstrakurikuler sebagai media penunjang untuk mendukung pengembangan keterampilan, minat, dan bakat siswa. Salah satunya adalah Ekstrakurikuler Teater Air. Pada pelatihannya, ekstrakurikuler ini menerapkan pola latihan dengan teknik improvisasi. Penggunaan teknik ini dikarenakan pelatih mencari metode yang mudah untuk diterima oleh anggota juga sebagai metode guna mendorong kreativitas siswa untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pelatihan teknik improvisasi dalam ekstrakurikuler ini terdiri dari lima jenis, yaitu: Improvisasi Solo, Improvisasi Perabotan, Improvisasi Sepasang, Improvisasi Rangkaian Cerita, dan Improvisasi Bunyi, yang disajikan dalam bentuk role play (bermain peran). Hasil dari penggunaan teknik improvisasi berpengaruh terhadap kreativitas siswa untuk menumbuhkan rasa percaya diri dengan tahapan-tahapan latihan yang menunjang perkembangan kreativitas, keterampilan seni dan kemampuan komunikasi siswa.
Kata kunci: Teknik, Improvisasi, Pelatihan Ekstrakurikuler Teater
ABSTRACT
Extracurricular activities are activities outside the main school curriculum (as a companion curriculum) that provide students with the opportunity to develop the potential, talents, interests, skills, personalities, and independence of students optimally. Similarly, SMAN 1 Babat gathers various extracurricular activities as supporting media to support the development of students' skills, interests, and talents. One of them is the Water Theatre Extracurricular. In the training, this extracurricular applies exercise patterns with improvised techniques. The use of this technique is because trainers look for methods that are easy to be accepted by members as well as methods to encourage student creativity to foster selfconfidence. The method in this study is a field research that uses a qualitative descriptive method approach with a phenomenological approach. Training in improvisation techniques in extracurricular activities consists of five types, namely: Solo Improvisation, Furniture Improvisation, Pair Improvisation, Story Series Improvisation, and Sound Improvisation, which are presented in the form of role play. The results of using improvisation techniques affect student creativity to foster self-confidence with stages of practice that support the development of creativity, artistic skills and student communication skills.
Keywords: Technique, Improvisation, Extracurricular Theater Training