Keterampilan proses dasar merupakan keterampilan mendasar yang perlu dikuasai peserta didik untuk melakukan penelitian dalam memenuhi tuntutan pembelajaran abad 21 yang dapat dilatihkan dengan menekankan kegiatan pengamatan atau penyelidikan sebagai pengalaman belajar langsung untuk penemuan konsep secara mandiri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan proses dasar peserta didik melalui penggunaan LKPD pengamatan dan media herbarium dalam mendukung pembelajaran angiospermae dengan mengenalkan ciri morfologi yang khas dari beberapa famili tumbuhan obat familiar yang valid berdasarkan hasil validitas. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan R & D (Research and Development) dalam mengembangkan dua produk berupa LKPD pengamatan dan media herbarium yang divalidasi oleh tiga validator, yaitu dosen biologi ahli materi, dosen biologi ahli media dan guru biologi SMA menggunakan instrumen berupa lembar validasi. Validitas LKPD pengamatan dinilai berdasarkan kesesuaian aspek yang dimuat yaitu aspek penyajian (syarat teknis), aspek isi (syarat didaktik), aspek kegiatan pembelajaran dalam melatihkan keterampilan proses dasar antara lain keterampilan mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, menginferensi dan mengomunikasi, serta aspek kebahasaan (syarat konstruksi), sedangkan validitas media herbarium dinilai berdasarkan aspek penampilan, aspek kesesuaian dengan pembelajaran dan aspek kepraktisan penggunaan. Data hasil validasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD pengamatan angiospermae dan media herbarium yang dikembangkan sangat valid digunakan untuk melatihkan keterampilan proses dasar dengan perolehan skor keseluruhan berturut-turut sebesar 3,73 dan 3,62, sehingga dapat dinyatakan layak yang ditinjau dari aspek validitas.
Kata kunci: Keterampilan proses dasar, Validitas, LKPD Pengamatan, Herbarium, Angiospermae
Basic process skills are fundamental skills that students need to research in the demands of 21st century learning that can be trained by emphasizing observation activities as a direct learning experience for concept discovery independently. The research aimed to develop basic process skills of students through using observation student worksheets and herbarium media as learning resources to facilitate learning on angiospermae topic with introducing the unique morphological characteristic of some familiar medicinal plant families based validity results. This type of development research used the R & D (Research and Development) model in developing observation student worksheets and herbarium media as products were validated by the three validators, consisting of Biology lecturer of material expert, Biology lecturer of media expert and senior high school Biology teacher using validation sheets. The validity of observation student worksheets was assessed based suitabillity of the aspects contained, namely presentation, content, learning activities to train basic process skills included observing, classifying, predicting, inferring and communicating, as well as linguistic aspects, while the validity of herbarium media was assessed based appearance, suitabillity with learning, and practical use aspects. The validation data was analyzed in descriptive quantitative manner. The validation results showed that observation student worksheets in angiospermae topic and herbarium media were developed with a very valid category to train the basic process skills with the overall score in order of 3.73 and 3.62, so that it could be declared feasible in terms of aspects of validity.
Keywords: Basic process skills, Validity, Observation student worksheets, Herbarium, Angiospermae.