Pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam mencerdaskan bangsa, terutama dalam era saat ini, pembelajaran juga bisa mengikuti perkembangan zaman yang sangat pesat. Salah satu improvisasinya dengan cara pembelajaran melalui e-learning yaitu dengan menerapkan pembelajaran yang bisa dilaksanakan dimana saja dan kapanpun. Untuk melancarkan pembelajaran tersebut diperlukan kompetensi kepada pamong belajar agar dapat menerapkannya. Kompetensi kepada pamong belajar meliputi kompetensi untuk pengetahuan, pemahaman, nilai, kemampuan, sikap, minat, penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan interaksi belajar, penilaian pembelajaran, dan pelaksanaan tindak lanjut.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian kepada pamong belajar sebanyak lima orang di SKB Trenggalek. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, obsrvasi, dokumentasi, dan juga menggunakan analisis data yaitu koleksi data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Didukung dengan keabsahan data yang menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dan dependabilitas.
Hasil dari penelitian pada Kompetensi Pamong Belajar dalam Penerapan Pembelajaran E-Learning di SKB Trenggalek menunjukkan bahwa pamong belajar masih sangat minim dibuktikan dengan persentasi 25% penguasaan kompetensi dalam penerapan pembelajaran e-learning, menurut aspek – aspek dalam kompetensi pamong belajar yaitu aspek pengetahuan, pemahaman, nilai, kemampuan, sikap, minat, penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan interaksi belajar, penilaian pembelajaran, pelaksanaan tindak lanjut. Beberapa faktor di antaranya yaitu faktor usia, kurangnya pengetahuan tentang iptek, dan faktor kesehatan. Faktor–faktor tersebut mengakibatkan pamong belajar masih belum berkompeten dalam pembelajaran e-learning. Di samping hal tersebut, juga terdapat kekurangan lain yaitu sangat kurangnya pelatihan dan pengawasan oleh dinas terkait dalam program pembelajaran e-learning.
Kata Kunci : Kompetensi Pamong Belajar, Pembelajaran E-Learning, Sanggar Kegiatan Belajar
Learning is very important in educating the nation, especially in the current era, learning can also keep abreast of very rapid times. One of the improvisations with learning through e-learning is by implementing learning that can be carried out anywhere and anytime. To expedite learning requires competence to the tutor to be able to apply it. Competencies to the tutor include competencies for knowledge, understanding, values, abilities, attitudes, interests, preparation of learning plans, implementation of learning interactions, assessment of learning, and implementation of follow-up.
The approach taken in this study uses a qualitative approach, with research subjects to the tutor learning as many as five people in learning activities studio in Trenggalek. Data collection methods used were interviews, observation, documentation, and also used data analysis namely data collection, data reduction, data display, and data verification. Supported by the validity of data that uses credibility, transferability, and dependability.
The results of the study on Learning Competence of Tutor in the Implementation of E-Learning implementation in the learning activities studio in Trenggalek showed that tutor competence is still very minimal as evidence by the presentation 25% mastery of competence in the application of e-learning implementation, according to aspects in the learning competencies of tutors, namely aspects of knowledge, understanding, values, abilities, attitudes, interests, preparation of learning plans, implementation of learning interactions, learning assessment, implementation of follow-up. Several factors include age, lack of knowledge about science and technology, and health factors. These factors cause the tutor is still not competent in e-learning implementation. In addition to this, there are also other shortcomings, namely the very lack of training and supervision by related agencies in e-learning programs.
Keyword : Tutor Competence, E-Learning System, Learning Activities Studio