Layanan Prima Perpustakaan Digital Dalam Meningkatkan Digital Quotient Siswa
Artikel ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan memaparkan permasalahan yang terkait dengan layanan prima perpustakaan digital dalam meningkatkan digital quotient siswa. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode studi literatur yang didalamnya mencakup analisis isi secara mendalam , mengidentifikasi permasalahan dengan mengkaji penelitian terdahulu dari jurnal nasional, jurnal internasional,dan buku yang relevan dengan topik penelitian nantinya akan menghasilkan suatu kebaruan. Hasil analisa artikel ini yakni, layanan prima merupakan hal penting dalam pemenuhan kebutuhan dan kepuasan pemustaka. Pemberian kualitas layanan perpustakaan digital yang diberikan pustakawan terhadap siswa merupakan indikator keberhasilan gerakan literasi sekolah dalam digitalisasi sekolah. Kecerdasan digital dan budaya digital merupakan komponen penting pustakawan dalam mewujudkan layanan prima, nantinya mampu mencetak lulusan yang cerdas, berkompeten serta berdaya saing tinggi dalam menciptakan inovasi dari berbagai aspek digital yang terampil dan memiliki skill khususnya dibidang teknologi. Pada era revolusi industri 4.0 pustakawan dituntut untuk terus mengembangkan kemampuannya mengaplikasikan teknologi dalam meningkatkan layanan prima yang menuntut pada kepuasan dan nilai kebutuhan informasinya. Penerapan layanan prima perpustakaan digital memberikan dampak terhadap siswa dalam meningkatkan digital quotient siswa di era milenial.
This article aims to analyze and describe the problems associated with digital library excellent services in improving students' digital quotient. This study uses a literature study method which includes in-depth content analysis, identifying problems by reviewing previous research from national journals, international journals, and books relevant to the research topic which will produce novelty. The results of the analysis of this article, namely, excellent service is an important thing in meeting the needs and satisfaction of visitors. The provision of quality digital library services provided by librarians to students is an indicator of the success of the school literacy movement in digitizing schools. Digital intelligence and digital culture are important components of librarians in realizing excellent service, later being able to produce smart, competent and highly competitive graduates in creating innovations from various digital aspects who are skilled and have skills, especially in the field of technology. In the era of the industrial revolution 4.0, librarians are required to continue to develop their ability to apply technology to improve excellent service that demands satisfaction and the value of their information needs. The implementation of excellent digital library services has an impact on students in increasing the digital quotient of students in the millennial era.