ABSTRAK
EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DALAM TARI KREASI
Nama : Trisya Maritaria
NIM : 15010644010
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Neni Mariana, Ph. D
Indonesia merupakan negara yang sangat kaya baik dari segi agama, bahasa, etnis/suku, dan budaya. Terdapat berbagai kesenian yang ada di Indonesia, salah satunya adalah tari. Peneliti sudah belajar tari semenjak kecil. Ketika peneliti menjadi peserta didik SD sampai menjadi mahapeserta didik mengalami kebimbangan terkait dengan keterkaitan matematika dengan tari. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tari kreasi guna menemukan konsep matematika dan mendeskripsikan pandangan guru dan peserta didik terhadap hasil eksplorasi.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif berjenis transformatif yang menggunakan gabungan paradigma yakni postmoderism, interpretivism, dan criticalism. Metodologi yang digunakan adalah auto|etnografi, dengan menggunakan teknik pengambilan data writing critical auto|etnography inquiry, writing as inquiry, postmodern interview, dan matriks pengumpulan data. Subjek penelitian ini terdiri atas peneliti, pelaku seni tari, guru, dan peserta didik SD Muhammadiyah 1 Krian.
Hasil penelitian ini adalah terdapat konsep matematika sekolah dasar pada tari kreasi diantaranya bilangan asli, pola bilangan, nilai tempat penyusun lambang, perbandingan dua bilangan, bangun datar, ciri-ciri bangun datar, perbandingan panjang dan waktu, ruas garis, titik, titik sudut dan macamnya, ciri-ciri bangun datar, dan operasi perkalian. Menurut pandangan guru dan peserta didik hasil penemuan konsep matematika dapat dijadikan sumber pembelajaran matematika.
Kata Kunci: konsep Matematika, tari kreasi, matematika dengan tari, matematika dengan tari kreasi, matematika dan tari
ABSTRACT
EXPLORATION THE MATHEMATICAL CONCEPT PRIMARY SCHOOL IN CREATIVE DANCE
Name : Trisya Maritaria
Study Program : S-1 (Undergraduate)
Departement : Elmentary Teacher Education
Faculty : Faculty of Education
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Neni Mariana, Ph. D
Indonesia is a very rich country both in terms of religion, language, ethnicity / ethnicity, and culture. There are various arts in Indonesia, one of which is dance. Researcher has studied dance since childhood. When researcher becomes elementary student until become students in universitu, researcher experience uncertainty related to the relevance of mathematics to dance. This study aims to explore creative dance to find mathematical concepts and describe the views of teachers and students on the results of exploration.
This research is a transformative type qualitative research that uses multiparadigm namely postmoderism, interpretivism, and criticalism. The methodology used is auto ethnography, using the technique of retrieving auto critical writing ethnography inquiry data, writing as inquiry, postmodern interview, and data collection matrix. The subject of this study consisted of researchers, dance actors, teachers, and 1 Krian Muhammadiyah Elementary School students.
The results of this study are there are elementary school math concepts in dance creations including natural numbers, number patterns, place values of symbol compilers, comparison of two numbers, plane, plane characteristics, length and time ratio, line segments, points, vertices and types, and multiplication operations. In the view of teachers and students the findings of mathematical concepts can be used as a source of learning mathematics.
Keywords: Mathematical concepts, creative dance, mathematics with dance, mathematics with creative dance, mathematics and dance