Kasus penipuan biro umroh First Travel merupakan satu kasus penipuan terbesar di Indonesia. Penipuan ini melibatkan skema-skema yang membentuk wacana yang tersusun dari beragam bentuk review atau ulasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan posisi beragam review dalam membentuk citra produk First Travel serta peran dan posisinya dalam penipuan. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis internet dengan tiga sumber sebagai subjek, yakni akun perusahaan First Travel (youtube dan facebook), media massa online, dan blog. Analisis menggunakan kualitatif-deskriptif dengan perspektif arkeologi-genealogi Foucault. Hasilnya, media massa, akun First Travel, dan blog memiliki bangunan wacananya sendiri, yang kadang saling menopang dan kadang saling kontradiksi. Namun, blog sebagai wacana pinggiran juga berperan mereproduksi wacana dari akun perusahaan First Travel. Ketiga sumber review tersebut menampilkan diskursus (wajah) First Travel berupa terpercaya dan berprestasi, terjangkau dan modern, dan bermasalah.