Dalam observasi yang dilakukan peneliti
di SDN Kayen yang betujuan untuk penyusunan tugas akhir berupa skripsi pada
jenjang sarjana Pendidikan Guru Sekolah dasar UNESA, ditemukan bahwa
pembelajaran yang dilakukan di sekolah hanya menggunakan buku paket siswa saja,
hal ini cenderung membuat siswa bosan, dengan kemajuan zaman saat ini siswa
sudah semakin dekat dengan teknologi, dengan adanya hal itu, peneliti mencoba
mengembangkan sebuahh media pembelajarann digital yang bersifat interaktif dan
dapat diakses kapan saja dan dimana saja, nearpod
dikembangkan peneliti untuk memenuhi
kebutuhan tersebut, adapun muatan pelajaran yang dimuat didalamnya adalah
materi perkembangbiakan pada tumbuhan siswa kelas VI Sekolah Dasar.
Dalam penelitian kali ini peneliti memilih jenis penelitian pengembangan
dengan model ADDIE, adapun tahapan dalam penelitian ini adalah Analisis (Analysis), Desain (Design), Pembuatan (Development),
Implementasi (Implementation), dan
Evaluasi (Evaluation). Penelitian yang dilaksanakan di SDN Kayen ini
menjadikan siswa kelas VI sebanyak 26 siswa sebaga subjek penelitian, adapun
dalam penelitian ini dari media produk
pengembangan mendapatkan hasil validasi media sebesar 90%, validasi materi
sebesar 92%, adapun taraf ketercapaian
materi sebesar 88%, dan berdasarkan perhitungan N-Gain dari pretest dan
posttest siswa, media mendapatkan skor 0,67 , serta skor kepraktisan sebesar 80,04%, dengan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa media nearpod
ini layak untuk digunakan dan dapat menjadi salah satu alternatif media
bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Nearpod,
Perkembangbiakan pada tumbuhan