Penggunaan Zoom Cloud Meeting untuk Pengajaran Bahasa Inggris Grammar di Kelas Daring
The Use of Zoom Cloud Meeting for Teaching English Grammar in an Online Class
Studi kasus ini adalah tentang penggunaan Zoom Cloud Meeting untuk mengajar Bahasa Inggris Grammar dii kelas daring. Zoom adalah platform online terpopuler yang memiliki banyak pengguna untuk pertemuan daring di banyak negara. Namun, seorang guru bahasa Inggris jarang menggunakan Zoom untuk mengajar bahasa Inggris di SMA di Gresik. Meskipun pihak sekolah menyarankan agar platform ini menjadi salah satu platform online untuk pengajaran seperti Zoom, Google Meet, Google Classroom, dan WhatsApp, mereka lebih memilih menggunakan Google Classroom daripada Zoom. Oleh karena itu, peneliti memilih guru bahasa Inggris yang menggunakan Zoom dan siswa yang mempelajari materi grammar dengan topik “Passive Voice” diantaranya “Simple Tense, Continuous Tense, Perfect Tense, dan Perfect Continuous Tense” karena grammar merupakan materi yang paling sulit jika tidak diajarkan secara langsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan penggunaan Zoom untuk pengajaran Bahasa Inggris Grammar di kelas daring meliputi implementasi, kendala guru, dan solusinya. Peneliti melakukan observasi partisipan dan wawancara semi terstruktur secara daring dan luring untuk mendapatkan data. Hasil observasi menunjukkan bahwa implementasi penggunaan Zoom tidak cukup berhasil karena koneksi buruk. Sementara itu, hasil wawancara menunjukkan bahwa guru berpendapat Zoom berguna untuk pembelajaran Grammar meskipun baik guru maupun siswa mendapat kendala dari media dan perangkat, akses dan jaringan internet, serta fasilitas. Oleh karena itu, guru menyelesaikannya dengan menggunakan platform lain yang memiliki fungsi yang sama.
Kata Kunci: Zoom Cloud Meeting, Pengajaran Grammar, Kendala, Kelas Online.
This case study was about the use of Zoom Cloud Meeting for teaching English grammar in an online class. Zoom was the most popular online platform that had many users for a virtual meeting in many countries. However, an English teacher was rarely using Zoom for teaching English in a Senior High School in Gresik. Even though the school suggested that this platform was one of the online platforms for teaching such as Zoom, Google Meet, Google Classroom, and WhatsApp, they preferred to use Google Classroom than Zoom. Therefore, the researcher chose the English teacher who used Zoom and the students who learned grammar materials with the topic “Passive Voice” including “Simple Tense, Continuous Tense, Perfect Tense, and Perfect Continuous Tense” because grammar was the hardest material if it was not taught synchronously. The aim of this study was to describe the use of Zoom for teaching Grammar in an online class including implementation, teachers’ obstacles, and the solutions. The researcher conducted participant observation and semi-structured interview which were online and offline to obtain the data. The result of the observation showed that both the implementation of using Zoom was not successful enough because of bad connection. Meanwhile, the result of the interview showed that the teacher thought that Zoom was useful for teaching grammar even though both teacher and students got the obstacles from media and devices, internet access and network, and facilities. Thefore, teacher solved them by using another platform that has same function.
Keywords: Zoom Cloud Meeting, Teaching Grammar, Obstacles, Online Class.