PENGALAMAN KEKERASAN PADA ANAK DAN DAMPAKNYA TERHADAP KONSEP DIRI
EXPERIENCES OF VIOLENCE IN CHILDREN AND THE IMPACT ON SELF-CONCEPT
Permasalahan mengenai kekerasan anak di Indonesia masih terus ada. Banyak dampak yang ditimbulkan terutama bagi anak sebagai korban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengalaman kekerasan pada anak dan dampaknya terhadap konsep diri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menerapkan pendekatan fenomenologi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis fenomenologis interpretatif. dalam penelitian ini berjumlah enam partisipan yang diperoleh dari teknik purposing sampling, dengan kriteria rentang usia 15-18 tahun dan pernah mengalami kekerasan dalam rumah tangga setidaknya tiga kali. Hasil penelitian yang diperoleh dapat menunukkan bentuk-bentuk kekerasan yang diterima oleh anak berikut dampak yang diterimanya. Kekerasan tersebut termasuk dalam kekerasan fisik, psikologis, seksual, dan ekonomi. Dampak yang diberikan mengarah ada emosi yang muncul setelahnya secara negarif, perilaku negative yang berupa penyimpangan social, masalah akademik hingga ketidakmampuan memberontak. Penelitian ini menemukan pula dinamika konsep diri anak yang mengalami kekerasan. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa konsep diri anak dalam penelitian ini termasuk positif. Hal ini erat kaitannya dengan hubungan yang dimiliki dengan lingkungan, baik keluarga maupun orang-orang sekitar.
Problems regarding child abuse in Indonesia still persist. There are many impacts, especially for children as victims. The purpose of this study was to examine the experience of violence in children and their impact on self-concept. This study uses a qualitative method by applying a phenomenological approach. The data analysis technique used is interpretive phenomenological analysis. In this study, there were six participants obtained from purposing sampling technique, with criteria ranging from 15-18 years of age and having experienced domestic violence at least three times. The results of the research obtained can show the forms of violence received by children and the impact they receive. This violence includes physical, psychological, sexual and economic violence. The impact given leads to negative emotions that appear afterwards, negative behavior in the form of social deviations, academic problems to the inability to rebel. This study also finds the dynamics of the self-concept of children who experience violence. Overall it can be said that the child's self-concept in this study is positive. This is closely related to the relationship they have with the environment, both family and the people around them.