Efektifitas Pendekatan Konseling Realita dalam Mengubah Konsep Diri Negatif Siswa Broken Home
The Effectiveness of The Reality Counseling Approach in Changing The Negative Self-Concept of Broken Home Students
Abstrak
Keluarga merupakan tempat pertama bagi anak dalam melakukan interaksi yang paling kuat, sehingga konsep diri yang terbentuk pada seseorang merupakan hasil dari interaksi pertama bersama keluarga. Konsep diri merupakan hasil pembentukan lingkungan dan hasil belajar dari hubungan satu individu dengan individu lain. Namun ada kalanya keluarga harus berhadapan dengan perpecahan yang berujung pada perceraian atau biasa disebut dengan broken home. Kondisi tersebut dapat berpengaruh pada konsep diri anak yang membuat anak akan memiliki perilaku menyimpang sebagai bentuk pelampiasannya. Konsep diri negatif tersebut harus diubah menjadi positif salah satunya dengan pendekatan konseling realita. Konseling realita berperan menolong individu menghadapi realitas serta dapat memenuhi kebutuhan dasarnya tanpa merugikan orang lain ataupun dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur mengenai efektifitas pendekatan konseling realita dalam mengubah konsep diri negatif siswa broken home. Metode dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini adalah terbentuknya artikel ilmiah terkait efektifitas pendekatan konseling realita dalam mengubah konsep diri negatif siswa broken home yang merujuk dari 14 artikel nasional dan internasional yakni, 1) Keberhasilan pendekatan konseling realita untuk mengubah konsep diri negatif siswa broken home. 2) Ruang lingkup dan sasaran penerapan pendekatan konseling realita untuk mengubah konsep diri negatif siswa broken home. 3) Saran atau rekomendasi penerapan pendekatan konseling realita untuk mengubah konsep diri negatif siswa broken home. Rekomendasi yang diberikan pada setiap artikel merupakan saran yang membangun bagi guru BK untuk menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi oleh individu berkaitan dengan topik penelitian dan bagi penelaah berikutnya hendaknya sanggup membuat studi ini serupa materi rujukan.
Kata Kunci : Konsep Diri Negatif Siswa Broken Home, Konseling Realita, Studi Pustaka
Abstract
The family is the first place for children in the strongest interaction, so that the self-concept that is formed in a person is the result of the first interaction with the family. Self-concept is the result of the formation of the environment and learning outcomes from the relationship of one individual with another individual. But there are times when families have to deal with divisions that lead to divorce or commonly referred to as a broken home. These conditions can affect the child's self-concept which makes the child will have deviant behavior as a form of outlet. The negative self-concept must be changed to be positive, one of which is the reality counseling approach. Reality counseling plays a role in helping individuals face reality and can meet their basic needs without harming others or themselves. This study aims to examine the literature on the effectiveness of the reality counseling approach in changing the negative self-concept of broken home students. The method in this research is the literature study method. Data were collected by documentation method and analyzed using content analysis technique. The results of this study are the formation of scientific articles related to the effectiveness of the reality counseling approach in changing the negative self-concepts of broken home students which refer to 14 national and international articles namely, 1) The success of the reality counseling approach to change the negative self-concepts of broken home students. 2) The scope and target of applying the reality counseling approach to change the negative self-concept of broken home students. 3) Suggestions or recommendations for implementing a reality counseling approach to change the negative self-concept of broken home students. The recommendations given in each article are constructive suggestions for BK teachers to solve a problem faced by individuals related to the research topic and for subsequent reviewers should be able to make this study similar to reference material.
Keywords : Broken Home Student's Negative Self-Concept, Reality Counseling, Literature Study