Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis metakognisi pada materi permintaan dan penawaran. Hasil dari penelitian ini terdiri dari: 1) LKPD yang dikembangkan menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan namun dibatasi sampai pada tahap develop. 2) LKPD yang dikembangkan memperoleh penilain kelayakan dari ahli materi (isi dan penyajian), ahli bahasa dan ahli kegrafikan berurut-urut dengan persentase sebesar 87,2 %, 91,8 %, 90%, 92,1 %, dengan kriteria sangat layak. 3) LKPD ini diujicobakan kepada 20 peserta didik kelas X IPS 5 di MA Darul Ulum Waru, Sidoarjo. Dan dari angket respon peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 83,3% dengan kriteria sangat layak.
This study aims to develop Student Worksheet (LKPD) based on metacognition on material demand and supply. The results of this study consisted of: 1) LKPD developed using a 4-D development model from Thiagarajan but limited to the develop stage. 2) The LKPD developed which has been assessed and validated by material experts (content and presentation), linguist and graphic expert sequence with a percentage of 87.2%, 91.8%, 90%, 92.1%, obtained very feasible criteria. 3) This LKPD was verified to 20 students of class X IPS 5 in MA Darul Ulum Waru, Sidoarjo. And from the questionnare responses of students obtained an average of 83.3% with very feasible criteria.