Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall untuk Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA
Development of Wordwall Learning Media for German Reading Skills of Grade XI High School Students
Hal utama yang melatar belakangi penelitian ini adalah kebutuhan media pembelajaran inovatif untuk keterampilan membaca bahasa Jerman. Ini diketahui dari hasil wawancara dengan guru bahasa Jerman kelas XI di SMAN 1 Tarik. Pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman masih menggunakan metode konvensional hanya menggunakan buku sebagai media pembelajaran karena kurangnya variasi media pembelajaran inovatif lain sehingga terkesan monoton dan membosankan. Oleh sebab itu, dikembangkan media Wordwall untuk pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman kelas XI SMA. Rumusan masalah penilitian ini adalah bagaimana proses pengembangan media pembelajaran Wordwall untuk keterampilan membaca bahasa Jerman siswa kelas XI SMA?. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Wordwall untuk keterampilan membaca bahasa Jerman siswa kelas XI SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Research & Development (R&D). Data pada penelitian ini diperoleh melalui instrumen hasil wawancara dan angket validasi ahli media dan ahli materi. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan media Wordwall dengan tahapan analisis (analyze), desain (design), pengembangan (develop) dan evaluasi (evaluasi). Tahap analisis (analyze) adalah tahap dimana peneliti melakukan analisis permasalahan melalui wawancara dengan guru bahasa Jerman kelas XI SMAN 1 Tarik. Lalu pada tahap desain (design) ditentukan materi dan templat media yang akan dikembangkan sesuai dengan temuan pada tahap analisis. Materi dan templat tersebut dikembangkan menjadi sebuah media yang utuh dan dinilai kelayakannya oleh validator pada tahap develop (pengembangan). Hasil yang diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 92,5%. Hasil yang diperoleh dari validasi dua ahli media sebesar 82,5% dan 90%. Selanjutnya dilakukan revisi media sesuai kritik dan saran validator pada tahap evaluate (evaluasi). Ini menunjukkan bahwa Wordwall dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk keterampilan membaca bahasa Jerman kelas XI SMA.
The impetus for this research stems from the necessity for innovative learning media to facilitate German reading skills, a necessity that was identified through interviews conducted with German language teachers of class XI at SMAN 1 Tarik. Conventional methods, which rely exclusively on books as learning media, continue to be employed due to a paucity of innovative learning media alternatives. This situation contributes to a perception of monotony and boredom in the learning process. To address this concern, the Wordwall media was developed for learning German reading skills in class XI SMA. The central research question guiding this study is as follows: What is the process of developing Wordwall learning media for German reading skills of grade XI high school students?. The objective of this study is to elucidate the process of developing Wordwall learning media for German reading skills of XI grade high school students. The research method employed is the Research & Development (R&D) method. The data presented herein were obtained through interview instruments and validation questionnaires from media and material experts. In this study, Wordwall media development was carried out with the stages of analyze, design, development, and evaluation. The analyze stage is the stage where the researcher analyzes the problem through interviews with German language teachers of class XI SMAN 1 Tarik. In the subsequent design stage, the materials and media templates that will be developed according to the findings at the analysis stage are determined. The materials and templates are then developed into a complete media and assessed for feasibility by validators at the development stage. The results obtained from the material expert validation were 92.5%. The results obtained from the validation of two media experts were 82.5% and 90%. Subsequent to this, media revisions were executed in accordance with the criticisms and suggestions put forth by the validators during the evaluation stage. The findings indicate that Wordwall can be utilized as a learning media for German reading skills in grade XI SMA.