PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN COVID 19 MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING UNTUK ORANGTUA ANAK TUNARUNGU
THE DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA FOR A COVID 19 GUIDEBOOK USING THE MIND MAPPING METHOD OF DEAF CHILDREN
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengembangkan media pembelajaran sebuah buku panduan Covid19 menggunakan metode mind mapping anak tunarungu, 2) menguji tervalidasinya produk pengembangan media belajar buku panduan Covid19 menggunakan metode Mind mapping. Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE, yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi, sehingga produk berisi materi mengenai Covid19 yang disajikan menggunakan metode Mind Mapping, dan dilengkapi dengan pola-pola dan bentuk yang menarik, serta gambar yang konkrit, sehingga mudah untuk dipahami. Produk pengembangan ini di validasi oleh ahli bidang materi dan ahli bidang media menggunakan instrumen angket. Hasil validasi ahli materi memperoleh prosentase 76,6% termasuk dalam kategori baik, sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh 91,7% termasuk dalam kategori sangat baik. Sehingga disimpulkan bahwa media buku panduan covid19 menggunakan metode mind mapping untuk anak tunarungu sangat baik dan layak digunakan.
Kata Kunci : Anak Tunarungu, Mind Mapping.
The objective of this research is: 1) to developh learning media for a Covid 19 guidebook using the mind mapping method of deaf children, 2)and to examine the validation of learning media development products for the Covid 19 guidebook using the mind mapping methode. The development method in this study used the ADDIE model, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This research was conducted during the pandemic so that the product contained material about Covid 19 which was presented using the Mind Mapping method, and equipped with interesting patterns and shapes, as well as concrete images to make it easy to understand . this development product was validated by material experts and media experts using a questionnaire instrument. The results of the validation of the material experts obtained a percentage of 76.6%, while the result of the validation of the media experts obtained a percentage of 91.7%. it can be concluded that the Covid 19 guidebook media using the mind mapping method for deaf children is very good and feasible to use.
Keywords : Deaf, Mind Mapping