The Influence of Brand Image on Costumer Loyalty trough Customer Satisfaction as a Mediating Variable on Customers of Lion Air Airlines
Perkembangan ekonomi yang semakin pesat menyebabkan gaya hidup seseorang menjadi lebih aktif dan juga meningkatkan laju mobilitas seseorang. Fenomena ini menyebabkan industri yang bergerak di bidang transportasi dan jasa menjadi lebih bervariasi, penyedia layanan transportasi seperti berlomba-lomba berinovasi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskusikan pengaruh citra merek dan loyalitas pelanggan terhadap kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada pelanggan Lion Air. Penelitian ini menggunakan 110 responden dengan teknik pengambilan sampel non-probabilitas dan metode yang digunakan adalah judgmental sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa citra merek dan loyalitas pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan terbukti menjadi variabel mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa maskapai Lion Air memperhatikan kualitas layanan pelanggan saat menggunakan maskapai Lion Air untuk meningkatkan kepuasan sehingga berdampak pada loyalitas terhadap maskapai.
The development of an increasingly rapid economy causes a person's lifestyle to become more active and also increases the rate of one's mobility. This phenomenon causes the industries engaged in transportation and services to be more varied, transportation service providers such as competing to innovate to meet the mobility needs of the Indonesian people. This study aims to analyze and discuss the effect of brand image and customer loyalty on customer satisfaction as a mediating variable on Lion Air customers. This study used 110 respondents with non-probability sampling techniques and the method used was judgmental sampling. Data collection method is done by distributing questionnaires online. The data analysis technique used in this study is the path analysis technique. The results found that brand image and customer loyalty significantly positive effect on customer satisfaction proved to be a mediating variable. The results of this study suggest that the airline Lion Air to pay attention to the quality of customer service when using a Lion Air airline to increase satisfaction so that the impact on loyalty to the airline.