ABSTRAK
PENGARUH KINERJA KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PERAWATAN RAMBUT BERKUTU (HEADLICE) DI NURAYYA SALON DAN SPA MUSLIMAH
Nama Mahasiswa : Sri Wahyunih
NIM : 15050634021
Program Studi : S1 Pendidikan Tata Rias
Jurusan : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Nia Kusstianti, S.Pd., M.Pd
Perawatan rambut berkutu (headlice) merupakan perawatan yang dilakukan untuk mengatasi masalah kutu rambut yang bersarang dirambut, leher dan menyematkan telurnya pada pangkal batang rambut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesesuaian SOP perawatan headlice di Nurayya Salon dan Spa Muslimah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) (2) kesesuaian kinerja karyawan pada perwatan rambut berkutu (headlice) dengan SOP (Standart Operator Procedure) di Nurayya Salon dan Spa Muslimah (3) Bagaimana tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan pada perwatan rambut berkutu (headlice) dengan menerapkan SOP (Standart Operational Procedure) di Nurayya Salon dan Spa Muslimah (4) Bagaimana pengaruh kinerja karyawan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada perawatan rambut berkutu (headlice) di Nurayya Salon dan Spa Muslimah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif di Nurayya Salon dan Spa Muslimah dengan jumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner, wawancara dan dokumentasi, yang dilakukan pada bulan Agustus hingga September 2019. Teknik obeservasi data menggunakan Analisis Persentase.
Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat kesesuaian antara SOP perawatan headlice di Nurayya Salon dan Spa Muslimah dengan SKKNI perawatan kulit kepala dan rambut. (2) Respon pelanggan mengenai kinerja karyawan pada perawatan headlice memiliki yang tinggi dengan nilai rata-rata 3,63 yang berarti baik sekali. (3) Respon pelanggan mengenai kepuasan dan loyalitas pelanggan pada perawatan headlice memiliki nilai yang tinggi dengan nilai rata-rata 3,81 yang berarti baik sekali. (4) Kinerja karyawan pada perawatan headlice dengan total nilai rata-rata 3,63 berpengaruh pada kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan total nilai rata- rata 3,81 dari hasil pelayanan yang dilakukan oleh terapis yang berpacu pada SOP.
Kata Kunci : Perawatan headlice, Kinerja Karyawan, kepuasan dan Loyalitas Pelanggan.
ABSTRACT THE INFLUENCE OF EMPLOYEE PERFORMANCE ON CUSTOMER SATISFACTION AND LOYALTY IN HEADLICE CARE IN NURAYYA SALON AND SPA MUSLIMAH
Student Name : Sri Wahyunih NIM : 15050634021 Study Program : S1 Pendidikan Tata Rias Major : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Faculty : Teknik Name of Institution : Univaersitas Negeri Surabaya Supervisor : Nia Kusstianti, S.Pd., M.Pd
Headlice treatment is a treatment that is carried out to overcome the problem of head lice that is lodged in the hair, neck and pinning the eggs at the base of the hair shaft. This research is intended to find out: (1) the suitability of the SOP for head care in Nurayya Salon and Spa Muslimah Indonesian National Work Competency Standards (SKKNI) (2) and Muslimah Spa (3) What is the level of customer satisfaction and loyalty on headlice hair care with headlice SOP (Standard Operational Procedure) approval at Nurayya Salon and Spa Muslimah (4) How is the customer relationship to customer satisfaction and loyalty in headlice treatment at Nurayya Salon and Spa Muslimah.
This type of research used in this study is a descriptive method, using that used is quantitative in Nurayya Salon and Muslimah Spa with a total of 30 respondents. Data collection techniques used were questionnaires or questionnaires, interviews and documentation, which were conducted in August to September 2019. Data observation techniques used Percentage Analysis.
The results of the data analysis showed that (1) according to the suitability between the SOP of the head of care in Nurayya Salon and Spa Muslimah with SKKNI for scalp and hair care. (2) Customer responsibility for employee benefits in the management of headlice is high with an average value of 3.63, which means very good. (3) Customer response regarding customer satisfaction and loyalty on headlice care has a high value with an average value of 3.81 which means very good. (4) Employee performance in headlice care with a total average value of 3.63 on customer satisfaction and loyalty with a total average value of 3.81 from the results of services performed by therapists who are racing against SOP.
Keywords: Maintenance Center, Employee Performance, Customer Satisfaction and Loyalty.