Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam dunia pendidikan supaya generasi mudah menjadi generasi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, yang bertujuan membuat peserta didik memiliki keterampilan spritual keagamaan, kepribadian, kecerdasan serta keterampilan yang diperlukan dirinya dalam masyarakat. Kurikulum dalam pendidikan mengalami penyeseuain sampai pada kurikulum 2013. Penelitian memliki tujuan untuk mengasilkan dan menganalisiskan hasil kelayakan dan respon peserta didik terhadap Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) sebagai implementasi kurikulum 2013 pada materi harga pokok pesanan (HPP) menufaktur kelas XII SMK Negeri Mojoagung. Pengembangan LKPD ini diuji kelayakan oleh 3 ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis serta di uji cobakan pada peserta didik sebanyak 20 kelas XII Akuntansi Keuangan Menengah SMK Negeri Mojoagung. Metode penilian yang digunakan dalam pengembangan ini adalah pengembangan model Thiagarajan 4-D tetapi pada penelitian ini dibatasi pada tahap ketiga yaitu pada tahap pengembangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi yang sudah dilakukan oleh ahli materi mendapatkan nilai 83%, validasi ahli bahasa mendapatkan nilai 89,6%, validasi grafis mendapatkan nilai 83,2% dan respon peserta didik mendapat nilai sebesar 83,3%. Sehingga keseluruhan didapatkan skor sebesar 84,6% dan dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Kegiatn Peserta Didik sebagai implementasi kurikulum 2013 sangat layak digunakan pada mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan manufaktur.
Kata kunci : LKPD, kurikulum 2013, peraktikum perusahaan manufaktur
Education is the most important aspect in the world of education so that generation can easily become a generation that is beneficial to the nation and state, which aims to make students have the spiritual skills, personality, intelligence and skills needed by themselves in society. The curriculum in education has been adjusted to the 2013 curriculum. The study has the aim to produce and analyze the results of the feasibility and response of students to the Student Activity Sheet (LKPD) as the implementation of the 2013 curriculum on the subject matter price (HPP) manufacturing XII grade SMK Mojoagung.
The development of this LKPD was tested for eligibility by 3 experts namely materials experts, linguists, and graphic experts and tested on 20 class XII students of Middle Financial Accounting at the Mojoagung State Vocational School. The assessment method used in this development is the development of the Thiagarajan 4-D model but this research is limited to the third stage, namely the development stage.
The results of the study showed that the results of the validation done by the material experts got a value of 83%, the validation of the linguists got a value of 89.6%, graphical validation got a value of 83.2% and the responses of students participants received a value of 83,3%. So that the overall score obtained by 84,6% and it can be concluded that the development of Student Activity Sheet as an implementation of the 2013 curriculum is very feasible to be used in the subjects of manufacturing companies accounting practicum.
Keywords : LKPD,The curriculum 2013, practice of the manufacturing company