Pembelajaran Bernyanyi Pada Siswa Tunanetra Menggunakan Audio MP3 dan Notasi Musik Braille di SLB Negeri 1 Sambiroto Kabupaten Ngawi
SINGING LEARNING TO BLIND STUDENTS USING MP3 AUDIO MEDIA AND BRAILLE MUSIC NOTATION AT SLB NEGERI 1 SAMBIROTO, NGAWI DISTRICT
Pembelajaran bernyanyi pada siswa tunanetra di SLB Negeri 1 Sambiroto menggunakan audio MP3 dan notasi musik braille sebagai media pembelajarannya. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti merumuskan masalah; 1) Bagaimana pembelajaran bernyanyi menggunakan media MP3 dan notasi musik braille pada siswa tunanetra di SLB Negeri 1 Sambiroto Kabupaten Ngawi; 2) Bagaimana kendala pembelajaran bernyanyi menggunakan media audio MP3 dan notasi musik braille pada siswa tunanetra di SLB Negeri 1 Sambiroto Kabupaten Ngawi dan bagaimana solusinya; 3) Bagaimana hasil penggunaan media audio MP3 dan notasi musik braille dalam pembelajaran bernyanyi pada siswa tunanetra di SLB Negeri 1 Sambiroto Kabupaten Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa tunanetra di SLB Negeri 1 Sambiroto Kabupaten Ngawi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber primer yang didapatkan langsung dari narasumber utama yaitu Rizka Noor Azila W., S.Pd. selaku guru kelas tunanetra. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunnjukkan penggunaan media audio MP3 dan notasi musik braille dalam pembelajaran tersusun dalam rancangan pembelajaran dengan alokasi waktu 6 jam pelajaran yang dibagi menjadi 4 jam pelajaran menjelaskan pembelajaran bernyanyi dengan menggunakan media audio mp3 dan 2 jam pelajaran untuk menjelaskan pembelajaran bernyanyi menggunakan media notasi musik braille. Terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran bernyanyi yaitu kendala faktor manusiawi berupa kurangnya kepercayaan diri dari siswa, tingkat intelektualitas siswa, dan kondisi mental siswa. Kendala instruktural terdapat pada penggunaan media notasi musik braille yang belum maksimal dan sarana prasarana untuk buku notasi braille yang belum pakem. Hasil pembelajaran bernyanyi menggunakan media audio MP3 dan notasi musik braille sudah memenuhi domain penilaian kognitif dan psikomotor siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dimana siswa mampu mengimplementasikan materi lagu dan mampu menuliskan notasi musik braille serta mempraktikkan langsung materi lagu yang diajarkan oleh guru dengan baik.
Singing lessons for blind students at SLB Negeri 1 Sambiroto, use MP3 audio and braille music notation as their learning media. Based on this phenomenon, the researcher summed up the problem; 1) How is the singing learning process using MP3 media and braille music notation for blind students at SLB Negeri 1 Sambiroto, Ngawi Regency; 2) What are the obstacles that encountered when learning to sing using MP3 audio media and braille music notation for blind students at SLB Negeri 1 Sambiroto, Ngawi Regency, and what are the solutions; 3) What are the results of singing learning using MP3 audio media and braille music notation to blind students at SLB Negeri 1 Sambiroto, Ngawi Regency. This study uses a qualitative approach. The subjects of this study, were blind students at SLB Negeri 1 Sambiroto, Ngawi Regency. The data source for this research was obtained from primary sources which were obtained directly from the main informants, namely Rizka Noor Azila W., S.Pd. as a class teacher for the blind students. Data collecting methods data in this study, is in the form of observation, interviews, and documentation.
The results of this study, show that the using of MP3 audio media and braille music notation in singing learning, structured in a learning design with 6 hours time allocation. Which divided into 4 hours using mp3 audio media, and 2 hours using notation media braille music. There are several obstacles in learning to sing. First is the human factor, mainly containts in the form of a lack of self-confidence from students, students' intellectual level, and students' mental conditions. Intrastructural problem are found in the using of braille music notation media that is not yet optimal, and the infrastructure for braille notation books that are not yet standardized. The results of learning to sing using MP3 audio media and braille music notation, have fulfilled the cognitive and psychomotor assessment domains of the students. This can be seen from the acquisition of student scores, where students are able to implement song material, and are able to write braille music notation, also practice directly the song material that taught by the teacher with a good success rate.