Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis proses pengembangan, kelayakan, dan respon peserta didik terhadap bahan ajar berupa buku ajar akuntansi perbankan dan keuangan mikro berbasis pendekatan saintifik dengan materi akuntansi tabungan, akuntansi giro, dan akuntansi deposito berjangka untuk peserta didik kelas XI Perbankan dan Keuangan Mikro SMK Negeri 1 Jombang agar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bahan ajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, namun penelitian ini hanya sampai tahap develop. Kelayakan atas bahan ajar yang dikembangkan ditelaah dan divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis dengan menggunakan kriteria kelayakan dari BSNP. Hasil dari penilaian para ahli menunjukkan rata-rata kelayakan bahan ajar sebesar 93,08% dengan kategori sangat layak. Komponen kelayakan isi sebesar 89,33% dengan kategori sangat layak, komponen kelayakan penyajian sebesar 90% dengan kategori sangat layak, komponen kelayakan bahasa sebesar 94,28% dengan kategori sangat layak, komponen kelayakan kegrafikan sebesar 98,69% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata persentase respon peserta didik sebesar 92,65% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil rata-rata kelayakan bahan ajar, dapat disimpulkan bahwa buku ajar akuntansi perbankan dan keuangan mikro berbasis pendekatan saintifik sangat layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran.
This development research aims to analyze the development proccess, feasibility and students responses to teaching material in the form of a banking and microfinance accounting textbook based on scientific approach with subject matter of saving accounting, demand deposit accounting, and time deposit accounting for students of class XI Banking and Microfinance in SMK Negeri 1 Jombang so that it can be used as an alternative teaching material. The type of research used is Research and Development (R&D) with the 4-D development model develop by Thiagarajan, however this study was managed to the developing stage only. Feasibility of the developed teaching material is reviewed and validated by material experts, linguists, and graphic expert using the eligibility criteria of the BSNP. The result of this study show the final result of the average feasibility of the teaching material is 93,08% with very feasible category. Components of the content feasibility is 89,33% with very feasible category, the feasibility of presentation is 90% with very feasible category, the feasibility of linguistic is 94,28% with very feasible category, the feasibility of graphic is 98,69% with very feasible category. The average of students responses is 92,65% with good criteria. Based on the result of the average feasibility of teaching material, it can be concluded that the banking and microfinance accounting textbook based on scientific approach are very suitable to be used as one of the teaching material in the learning activity.