The Use of Digital Mind Mapping to Improve EFL Students Ability in Writing Descriptive Paragraph
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada peningkatan dalam menulis paragraf deskriptif yang diajarkan sebelum dan sesudah menggunakan pemetaan pikiran digital. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan desain penelitian pra-eksperimental. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A, dan partisipannya adalah 20 siswa. Pengujian adalah instrumen yang digunakan dalam penelitian ini; ada dua jenis tes: pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pretest adalah 49,0625, dan nilai posttest adalah 79,0625. Dengan menggunakan SPSS Statistics 18, nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pretest adalah 49,0625, dan nilai posttest adalah 79,0625. Dengan menggunakan SPSS Statistics 18, nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest. Signifikansi dua-ekor yang ditunjukkan adalah 0,000 yang berarti bahwa hasil dari taraf signifikansi tersebut adalah taraf baku cukup (0, 00 0, 05). Menurut analisis data, Tcount lebih besar daripada To. Hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Menunjukkan bahwa penggunaan pemetaan pikiran digital efektif meningkatkan penulisan paragraf deskriptif siswa.
Kata Kunci: Menulis, Pemetaan Pikiran Digital, Paragraf Deskriptif
Abstract
This study aims to know if there is any improvement in writing descriptive paragraphs taught before and after using digital mind mapping. A quantitative approach was used in this study, with a pre-experimental research design. The subject of this study is VIII-A grades, and the participants are 20 students. Testing is the instrument used in this study; there are two types of tests: pretest and posttest. This study showed that the pretest score was 49.0625, and the posttest score was 79.0625. Using SPSS Statistics 18, the mean score of the posttest was higher than the mean score of the pretest. The significance of the two-tail shown was 0,000, which means that the result of the significant level was the considerable standard level (0, 00 0, 05). According to data analysis, Tcount is bigger than To The alternative hypothesis (Ha) accepted, and the null hypothesis (Ho) rejected. It indicates that the use of digital mind mapping effectively improved students' descriptive paragraph writing.
Keywords: Writing, Digital Mind Mapping, Descriptive Paragraph