PENGEMBANGAN E-JOBSHEET PRAKTEK MOTOR DIESEL PADA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DEVELOPMENT OF DIESEL MOTOR PRACTICE E-JOBSHEETS IN STUDY PROGRAM MECHANICAL ENGINEERING EDUCATION STATE UNIVERSITY OF SURABAYA
Pendidikan merupakan kegiatan interaksi antara pengajar dan peserta didik yang bertujuan untuk pengembangan kemampuan, keilmuwan dan meningkatkan pengetahuan dengan mengimplementasikan prinsip, teori dan konsep pengajar kepada peserta didiknya. Seiring adanya globalisasi dunia pendidikan mengalami perubahan dengan menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga media pembelajaran diharapkan mampu menyesuaikan sesuai dengan perkembangan zaman guna terciptanya pembelajaran yang tidak monoton. Pembelajaran pada abad 21 terdapat banyak sekali penyesuaian dengan perkembangan teknologi, didukung dengan adanya wabah covid yang membuat proses pembelajaran konvensional menjadi terkendala sehingga peran teknologi sangat dibutuhkan guna berjalannya proses pembelajaran. Banyak sekali inovasi pada pendidikan yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi mulai dari penggunaan media daring sebagai media pengganti pembelajaran tatap muka, penggunaan media jobsheet / form online sebagai media pengujian atau penilaian kompetensi belajar. Pada penelitian ini menggunakan metode riset dan pengembangan dengan menganalisa penyesuaian perkembangan teknologi sebagai media pembelajaran. Prinsip yang digunakan pada pengujian ini adalah analisa, desain dan pengembangan (ADD).Uji kelayakan produk dilakukan pada ahli media dan ahli materi guna mendapatkan validasi produk tersebut sesuai dengan pembelajaran yang berlaku. Hasil dari penelitian ini dapat dikatakan produk ini tervalidasi dengan nilai 3,46 dari ahli materi dan 3,11 dari ahli media. Produk tersebut dapat dikatakan sangat valid karena memenuhi indikator 3,00 ≤ Y ≤ 4,00.
Education is an interaction between a teacher and a student aimed at developing abilities, scientists and improving knowledge by implementing teaching principles, theories and concepts to their students. As the globalization of the educational world changes by adjusting the development of science and technology so that the learning medium is expected to be able to adapt according to the development of the times for the creation of nonmonotonous learning. 21st-century learning has been a great deal of adjustment to technological development, supported by the covid epidemic which has limited conventional learning, so technological role is needed for the learning process. There are many innovations in education that adapt to technological development ranging from the use of online media as a medium for face-to-face learning, the use of online media for testing or evaluation of learning competencies. This study used research and development methods by analyzing technological development adjustments as a learning medium. The principle used in this test is analysis, design and development (ADD). Product feasibility tests are conducted on media experts and material experts to obtain validation of the product according to applicable learning. The results of this study can be said to be validated with 3.46 from material experts and 3.11 from media experts. The product can be said to be very valid because it meets the 3,00 ≤ Y ≤ 4,00.