PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI GEOSAINS BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DENGAN ANALISIS RASCH MODEL
DEVELOPMENT OF GEOSCIENCE LITERACY TEST INSTRUMENT FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS WITH RASCH MODEL ANALYSIS
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen tes literasi geosains bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Melalui instrumen tes, dapat diketahui kemampuan literasi siswa khususnya dalam bidang geosains dan dapat selanjutnya dapat digunakan sebagai acuan rekomendasi pemberian treatment pembelajaran. Pengukuran literasi geosains penting untuk mengetahui sejauh mana kemelekan siswa terhadap konsep-konsep geosains yang telah dipelajarinya. Desain penelitian yang digunakan adalah The Exploratory Sequential. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data terdiri dari lembar validasi instrumen tes, dan instrumen tes literasi geosains yang dikembangkan. Instrumen tes berubah 30 butir soal pilihan ganda dengan 4 opsi jawaban.. Perolehan validasi instrumen dikategorikan layak sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan maka instrumen tes yang dikembangkan layak atau valid untuk digunakan dalam mengukur keterampilan literasi geosains. Hasil perangkat dianyatakan layak dengan hasil persentase keseluruhan sebesar 80%. Ditinjau berdasarkan konstruksi tes, instrumen tes literasi geosains dinyatakan sudah tepat untuk mengukur kemampuan literasi geosains karena dianggap mampu untuk mengukur rentang abilitas/perspektif responden. Ditinjau berdasarkan karakteristik tes, instrument tes literasi geosains memiliki karakteristik tes yang baik, karena valid dan reliabel.
The purpose of this study was to produce a geoscience literacy test instrument for Junior High School (SMP) students. Through the test instrument, it can be known the literacy ability of students, especially in the field of geosciences and can then be used as a reference for recommendations for providing learning treatment. Geoscience literacy measurement is important to determine the extent of students' literacy towards the geoscience concepts they have learned. The research design used was The Exploratory Sequential. The instruments used in data retrieval consist of validation sheets of test instruments, and developed geoscience literacy test instruments. The test instrument changes to 30 multiple-choice questions with 4 answer options. The acquisition of instrument validation is categorized as feasible so that a conclusion can be drawn so that the test instruments developed are feasible or valid for use in measuring geoscience literacy skills. The result of the device is declared feasible with an overall percentage yield of 80%. Based on test construction, the geoscience literacy test instrument is considered appropriate to measure geoscience literacy ability because it is considered capable of measuring the range of respondents' abilities/perspectives. Reviewed based on test characteristics, the geoscience literacy test instrument has good test characteristics, because it is valid and reliable