PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL CATERING & BAKERY CHERRY
CATERING & BAKERY CHERRY'S VISUAL IDENTITY DESIGN
Catering & Bakery Cherry adalah sebuah Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) yang melayani jasa catering nasi kotak, serta menjual macam-macam kue dan roti, dengan kategori modern dan tradisional. Permasalahan yang dihadapi adalah tidak memahami pentingnya membangun identitas visual untuk brand-nya, terbukti dengan desain logo yang digunakan Cherry, berbeda antara logo catering dengan logo bakery. Melalui analisis kebutuhan, diketahui bahwa selama ini Catering & Bakery Cherry tidak memiliki konsep desain yang khusus, sehingga konsumen lebih mengenal nama owner daripada nama brand-nya. Oleh karena itu, dibutuhkan perancangan desain identitas visual yang meliputi warna, pattern, serta redesign logo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mengelola data secara sistematis, serta didukung dengan analisis SWOT yang bertujuan mengetahui strategi yang tepat untuk digunakan dalam perancangan identitas visual Catering & Bakery Cherry. Strategi tersebut dapat membantu Catering & Bakery Cherry dalam meningkatkan loyalitas konsumen, mendapatkan lebih banyak konsumen, dapat lebih dikenal oleh masyarakat secara luas, serta diharapkan akan berdampak pada peningkatan penghasilan Catering & Bakery Cherry. Hasil dari perancangan identitas visual ini sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan, meliputi: logo, kartu nama, desain kemasan, desain menu, dan brosur.
Catering & Bakery Cherry is a Micro, Small and Medium Enterprise (MSME) that provides catering services for boxed rice, as well as selling various kinds of cakes and breads, with modern and traditional categories. The problem faced is not understanding the importance of building a visual identity for the brand, as evidenced by the logo design used by Cherry, which differs between the catering logo and the bakery logo. Through needs analysis, it is known that so far Catering & Bakery Cherry does not have a special design concept, so that consumers are more familiar with the owner's name than the brand name. Therefore, it is necessary to design a visual identity design that includes color, pattern, and logo redesign. This study uses a qualitative method that aims to collect and manage data systematically, and is supported by a SWOT analysis that aims to find out the right strategy to be used in designing the visual identity of Catering & Bakery Cherry. This strategy can help Catering & Bakery Cherry increase consumer loyalty, get more consumers, can be better known by the wider community, and is expected to have an impact on increasing the income of Catering & Bakery Cherry. The results of this visual identity design are in accordance with what is needed by the company, including: logos, business cards, packaging designs, menu designs, and brochures.