ABSTRAK
PENGARUH PENGALAMAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN IPS ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Nama : Sandy Melwani Roganda
NIM : 17041344026
Program Studi : S-1 Pendidikan IPS
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan ialah bagian dari upaya setiap bangsa dan negara dalam meningkatkan kualitas masyarakat demi mencapai suatu cita-cita bangsa, pada kehidupan kali ini jelas pada hakikatnya pendidikan ada hak segala masyarakat yang harus mereka dapatkan secara baik dan layak. Pendidikan juga menjadi status atau bukti pencapaian seseorang dalam menyelesaikan sebuah pendidikan di tiap tingkatanya. Guru sebagai salah satu profesi dalam memberikan ilmu pada peserta didik menjadi poin penting bagi kemajuan bangsa, pada kali ini perlu adanya suatu hal agar guru memiliki kualitas tinggi. Penelitian ini bertujuan mengukur minat dari mahasiswa Prodi S1 Pendidikan IPS angkatan 2019 dalam menjadi guru, pengenalan lapangan persekolahan menjadi salah satu hal penting pada mahasiswa jurusan pendidikan. Syarat kelulusan mahasiswa jurusan pendidikan pengenalan lapangan persekolahan menjadi bekal nantinya mereka ditempatkan pada sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dengan teknik pengumpulan datanya melalui kusioner berupa google form, sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan IPS dengan total responden 90 orang mahasiswa S1 Pendidika IPS angkatan 2019. Teknik analisis data dengan analisis kuantitatif deskriptif yang disajikan dalam bentuk korelasi atau hubungan antar variabel, hasil penelitian menunjukkan adanya koefisien PLP yang bernilai positif dan nilai signifikansi. Kurang dari 0,05 lalu pada variabel Tindakan guru pada aktifitas pembelajaran dan inspirasi tenaga didik pada aktifitas pembelajaran tidak memiliki pengaruh terhadap minat menjadi guru karena memiliki nilai signifikansi lebih dari 0,05. Pada bagian determinasi R-Square yang di pakai dalam mendapatkan informasi terkait pengaruh variabel X terhadap variabel Y model Summary menunjukan koefisien korelasi R-Square menunjukan tingkat hubungan variabel X terhadap variabel Y sebesar 44,5%. Analisis menggunakan SPSS 2.6 bahwa signifikan F= 0,000 maka Ho ditolak dimana pada variabel X memiliki pengaruh pada variabel Y. Sesuai hasil koefisien korelasi bahwa variabel X1, X2, X5 sebesar 44,5% memiliki pengaruh terhadap variabel Y dan sisanya 55,5% dipengaruhi oleh variabel lainya. Pada hakikatnya tujuan PLP bukan hanya sekedar memberi pengalaman dan mentuntaskan mata kuliah demi syarat kelulusan, akan tetapi banyak sekali yang akan diterima oleh mahasiswa dimana mereka akan mengerti bagaimana kondisi sebenarnya dalam melakukan kegiatan belajar dan mengajar pada kelas.
Kata Kunci: PLP, minat, guru