STRATEGI MARKETING DESA WISATA LEMBAH MBENCIRANG UNTUK MENINGKATKAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT
MARKETING STRATEGY OF MBENCIRANG VALLEY TOURISM TO IMPROVE COMMUNITY EMPOWERMENT
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui stategi pemasaran yang digunakan pengelola untuk memasarkan Desa Wisata Lembah Mbencirang, serta melihat dampak dari strategi pemasaran desa wisata dalam memberdayakan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya : wawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, verifikasi data serta kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti bahwa pengelola desa wisata belum menemukan cara atau strategi untuk memasarkan desa wisata lembah mbencirang, dengan demikian peneliti memberikan sumbangsi atau pemikiran kepada pengelola agar menggunakan strategi marketing mix 4P untuk memasarkan desa wisata lembah mbencirang. Marketing mix digunakan untuk memasarkan desa wisata lembah mbencirang untuk menarik wisatawan untuk datang, dilihat dari 4 variabel yaitu : Product, Price, Place, Promotion. Hasil dari 4P : Product, Price, Place, Promotion ialah respon masyarakat yang bagus serta menambah pemasukan pendapatan asli desa dan menaikkan taraf hidup masyarakat.
The purpose of this study was to determine the marketing strategies used by managers to market the Mbencirang Valley Tourism Village, and to see the impact of the tourism village marketing strategy in empowering the community. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques: in-depth interviews, participatory observation, documentation. Data analysis uses data collection techniques, data condensation, data presentation, data verification and conclusions. The results of research conducted by researchers that the manager of the tourism village has not found a way or strategy to market the mbencirang valley tourism village, thus the researcher gave a contribution or thought to the manager to use the 4P marketing mix strategy to market the mbencirang valley tourism village. Marketing mix is used to market the mbencirang valley tourism village to attract tourists to come, seen from 4 variables: Product, Price, Place, Promotion. The results of 4P: Product, Price, Place, Promotion are good community responses and increase income of the village's original income and raise the standard of living of the community.