ANALISIS LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PROPORSI
ANALYSIS OF STUDENT’S MATHEMATICAL LITERACY IN SOLVING PROPORTION HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) QUESTIONS
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa kelas IX SMP di Sidoarjo dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada topik proporsi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode tes tulis terkait soal HOTS proporsi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan indikator literasi matematika sesuai pada Kerangka Kerja PISA 2021 pada tahap merumuskan (formulate), menerapkan (employ), serta menafsirkan dan mengevaluasi (interpret and evaluate). Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Dari 12 siswa dengan kemampuan matematis tinggi, tiga siswa dengan literasi matematika yang berbeda dipilih sebagai subjek pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal HOTS proporsi, pada tahap merumuskan (formulate), siswa kurang mampu merepresentasikan situasi matematis menggunakan model matematika yang sesuai dengan topik proporsi. Pada tahap menerapkan (employ), siswa mampu menggunakan konsep dan prosedur matematis untuk menyelesaikan soal HOTS proporsi. Pada tahap menafsirkan dan mengevaluasi (interpret and evaluate), siswa kurang mampu menafsirkan hasil matematis kembali ke konteks dunia nyata. Diperlukan pembelajaran yang bukan hanya melatih siswa untuk menerapkan konsep dan prosedur matematis untuk menyelesaikan soal, namun juga dapat melatih siswa untuk merepresentasikan situasi matematis dalam konteks dunia nyata menjadi model matematika dan menafsirkan solusi matematis yang telah diperoleh kembali ke konteks dunia nyata.
Kata Kunci: Literasi matematika, Soal HOTS, Proporsi
This study aims to describe mathematical literacy of 9th grade junior high school students in Sidoarjo in solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) questions on proportional topics. This research is a qualitative descriptive study which used test of HOTS proportional questions and interview. The data were analyzed using mathematical literacy indicators based on PISA 2021 Framework at the stages of formulating, employing, as well as interpreting and evaluating. Research subjects were selected by purposive sampling. From 12 students with high mathematical ability, three students with different mathematical literacy were selected as subjects in this study. The results showed that in solving HOTS proportional questions, in formulating stage, students less able to represent mathematical situations using appropriate mathematical model of proportional topics. In employing stage, students are able to use mathematical concept and procedure to solve proportional HOTS questions. In interpreting and evaluating stage, students less able to interpreting mathematical results back to the real-world context. Learning not only trains students to employ mathematical concepts and procedures to solve the questions, but also learning trains students to represent mathematical situations in the real-world context into mathematical models and interpret mathematical solutions that have been obtained back to the real-world context.
Keywords: Mathematical literacy, HOTS question, Proportion