Abdhi,
Muhammad Irwansyah. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Gaya Mengajar Self-Check
Style Bagi Guru PJOK. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga,
Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Advendi
Kristiyandaru, S.Pd., M.Pd. dan (II) Dr. Anung Priambodo S.Pd., M.Psi.T.
Kata-kata
Kunci: Media Pembelajaran, Gaya Mengajar Self-Check Style, PJOK.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah
produk media pembelajaran gaya mengajar Self-Check Style bagi guru. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan
melalui tahapan pengumpulan informasi, melakukan
perencanaan, mengembangkan produk awal, uji coba kelompok kecil, revisi, uji
coba kelompok besar, revisi, produk akhir. Subjek uji coba produk adalah guru PJOK
di sekolah SMKN 1 Sidoarjo, SMKN 1 Buduran, SMKN 2 Buduran, SMKN 3 Buduran, dan
SMKN 1 Jabon.
Pada uji coba lapangan aspek pengemasan media gaya
mengajar Self-Check Style mendapat nilai 62.3 kategori baik dan aspek
materi gaya mengajar Self-Check Style mendapat nilai 60.7 kategori baik.
Pengembangan gaya mengajar selanjutnya mungkin bisa secara keseluruhan atau
dapat memilih gaya mengajar lain dari Muska Mosston. Pengembangan lebih lanjut
untuk pembuatan dan pengoperasian platform
engine yang di gunakan. Melakukan uji
coba juga kepada peserta didik agar dapat mengetahui seberapa efektif media
pembelajaran yang dibuat untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan
gaya mengajar yang digunakan.