Validitas E-book Interaktif pada Submateri Psikotropika untuk Melatihkan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA
Validity of Interactive E-book in Psychotropic Submateries to Practice the Creative Thinking Skills for 11th Grade High School Students
Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, bahan ajar dalam pembelajaran diharapkan mampu mengaplikasikan perkembangan teknologi dan melatihkan keterampilan yang dibutuhkan di abad 21 yaitu komunikasi dan berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kreatif sangat penting dilatihkan kepada siswa agar dapat bersaing di era global. Salah satu bahan ajar yang sesuai dengan pembelajaran abad 21 adalah e-book interaktif. Bahan ajar e-book interaktif merupakan multimedia interaktif yang disusun untuk melatihkan siswa berpikir kreatif pada submateri psikotropika. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat e-book interaktif yang valid, sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas e-book interaktif submateri psikotropika untuk melatihkan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA. Proses pelaksanaan penelitian ini berjalan dari bulan Januari-Mei 2020. Penelitian ini menggunakan model pengembangan (Research and Development) atau R&D menurut Sugiyono (2013). Metode pengambilan data dilakukan dengan metode validasi dan metode angket. Parameter yang diukur adalah kelayakan teoritis yang ditentukan berdasarkan hasil validasi e-book interaktif, serta kelayakan empiris yang ditentukan berdasarkan respon siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian memperlihatkan validitas e-book interaktif memperoleh interpretasi sebesar 91,67% dengan kategori sangat layak, sedangkan respon siswa menunjukkan respon positif dengan interpretasi 98,4% dengan kategori sangat praktis.
Kata Kunci: E-book interaktif, validitas, psikotropika, berpikir kreatif
As technology advances, learning materials in learning are expected to be able to apply technological developments and practice the skills needed in the 21st century, namely communication and creative thinking. Creative thinking skills are very important to be trained to students so they can compete in the global era. One of the teaching materials that is appropriate for 21st century learning is an interactive e-book. Interactive e-book teaching material is interactive multimedia that is structured to train students to think creatively in psychotropic submaterics. The general objective of this study is to produce a valid interactive e-book tool, while the specific purpose of this study is to describe the validity of an interactive psychotropic submitter e-book to train the creative thinking of class XI high school students. The process of conducting this research runs from January-May 2020. This study uses a development model (Research and Development) or R&D according to Sugiyono (2013). The data collection method was carried out using the validation method and the questionnaire method. The parameters measured are the theoretical feasibility determined based on the results of the interactive e-book validation, as well as the empirical feasibility determined based on student responses. The data analysis technique was done descriptively. The results of the study showed the validity of interactive e-books obtained an interpretation of 91.67% with a very feasible category, while student responses showed a positive response with an interpretation of 98.4% with a very practical category.
Keywords: Interactive e-book, validity, psychotropic, creative thinking