UNSUR-UNSUR PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM BUKU SISWA IPA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF
ELEMENTS OF THE SCIENTIFIC APPROACH IN THE BOOKSCIENCE STUDENTS ABOUT ADDITIVE AND ADDICTIVE SUBSTANCES
Bahan ajar IPA materi zat aditif dan adiktif sebaiknya ditinjau dari kandungan unsur-unsur pendekatan saintifik agar dapat mengembangkan kemampuan pesrta didik dalam berfikir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi unsur–unsur pendekatan saintifik yang terdapat dalam buku ajar IPA SMP kelas VIII materi zat aditif dan adiktif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Objek penelitian ini berasal dari sumber 3 (tiga) buku kelas VIII IPA SMP yang ditentukan atas dasar buku yang digunakan dalam mengajar IPA materi adiktif dan adiktif. Penelitian ini menggunakan intrumen unsur-unsur pendekatan saintifik dari 5M (mengamati, menanya, mencoba, menganalisis dan mengomunikasikan). Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) dengan cara membaca, mempelajari dan menganalisis. Hasil penelitian menunjukkan unsur-unsur pendekatan saintifik dalam buku versi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terdapat dua unsur yaitu unsur mengamati dan menanya, sedangkan pada buku versi Contextual Teaching and Learning (CTL) terdapat empat unsur yaitu mengamati, menanya, mencoba dan menganalisis, untuk buku Kurikulum 2013 (K-13) terdapat semua unsur mulai dari mengamati, menanya, mencoba, menganalisis dan mengkomunikasikan yang telah disajikan dengan baik. Unsur pendekatan saintifik yang pasti muncul dalam setiap buku adalah unsur mengamati dan menanya yang merupakan keterampilan paling dasar.
Kata Kunci : Pendekatan saintifik, buku IPA, zat aditif dan adiktif
Science teaching materials for additive and addictive substances should be reviewed from the content of the elements of a scientific approach in order to develop the ability of students to think. The purpose of this study was to identify the elements of a scientific approach contained in the science textbooks of SMP class VIII materials for additives and addictive substances. This research is a qualitative research. The object of this research comes from sources of 3 (three) books for class VIII science in junior high school which are determined on the basis of the books used in teaching science and addictive and addictive materials. This study uses the elements of a scientific approach from 5M (observing, asking, trying, analyzing and communicating). The analytical technique used in this research is content analysis by reading, studying and analyzing. The results showed that the elements of a scientific approach in the Education Unit Level Curriculum (KTSP) version of the book contained two elements, namely observing and asking questions, while in the Contextual Teaching and Learning (CTL) version there were four elements, namely observing, asking, trying and analyzing, for the 2013 Curriculum book (K-13) there are all elements ranging from observing, asking, trying, analyzing and communicating which have been presented well. The element of a scientific approach that must appear in every book is the element of observing and questioning which is the most basic skill..
Keywords: Scientific approach, science book, addictive and addictive material