Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teori Trait And Factor Untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa SMA Negeri 1 Mojosari. Model penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, yaitu dengan mencari informasi tentang ciri-ciri yang ada dan dapat didefinisikan dengan tujuan yang akan dicapai, merencanakan cara dalam pendekatan, mengumpulkan data untuk membuat laporan. Di dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui tentang penerapan metode trait and factor terhadap pemahaman diri siswa.Populasi di penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS 1 dan 5 di Tahun Pelajaran 2017-2018 yang terdiri dari 2 kelas, dan keseluruhan jumlah siswanya 62 orang. Penelitian ini 5 siswa yang termasuk dalam ketegori rendah akan mendapatkan Konseling kelompok trait and Factor, Dalam teknik analisis ini, yang digunakan adalah statistic non parametric dengan uji Wilcoxon. Berdasarkan perhitungan diatas, mean pre-test dengan nilai 191.4 dan mean post-test 179.2 dan selisih diantara mean pre-test dan mean post-test adalah 12.2. Berdasarkan output “test statistics” diatas, dapat diketahui Asymp.. Sig (2-tailed) — 0,042. Dimana kurang dari batas kritis penelitian karena nilai 0,042 lebih kecil dari «0,05, sehingga dapat diketahui bahwa Ha diterima, artinya ada perbedaan hasil pemahaman karier. siswa,. untuk pre-test dan post-test, sehingga bisa disimpulkan bahwa “Penerapan Konse Ing Kelompok tapa Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa SMA Negeri l Mojosari”.
Kata kunci: Pemahaman Karir, Trait And Factor
The purpose of this study was to determine the Application of Group Counseling with the And Factor Trait Theory To Increase Career Understanding Of Student in state senior High School 1 Mojosari. This research model is descriptive quantitative research, namely by seeking information about the characteristics that exist and can be defined with the objectives to be achieved, planning the way in the approach, collecting data to make a report. In this study the authors want to know about the application of the trait and factor method to students' self-understanding. The population in this study were all students of class XII IPS 1 and 5 in the 2017-2018 Academic Year consisting of 2 classes, and a total of 62 students. This study 5 students included in the low category will get Trait and Factor Group Counseling. In this analysis technique, non parametric statistics were used with the Wilcoxon test. Based on the above calculation, the mean pre-test with a value of 191.4 and the mean post-test 179.2 and the difference between the mean pre-test and the mean post-test is 12.2. Based on the output of "test statistics" above, it can be seen Asymp .. Sig (2-tailed) - 0.042. Where is less than the critical limit of the study because the value of 0.042 is smaller than «0.05, so that it can be seen that Ha is accepted, meaning that there are differences in the results of career understanding. students ,. for pre-test and post-test, so that it can be concluded that "Application of Group Conseling Using Trait And Factor Theory To Improve Career Understanding of Student State Senior High Mojosari Public High School 1 Mojosari".
Keywords: Career Understanding,Trait And Factor