PENGEMBANGAN KEAKTIFAN SISWA SMK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE
VOCATIONAL SCHOOL STUDENT ACTIVENESS DEVELOPMENT THROUGH LEARNING METHODS EXAMPLE NON-EXAMPLE
Dunia saat ini sedang memasuki era global dan abad ke-21 yang ditandai dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Khususnya perkembangan pada sektor pendidikan yang memiliki peran penting dalam mencapai tujuan pembangunan suatu bangsa. Kualitas pendidikan dapat dilihat dari proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah-sekolah. Namun proses pembelajaran yang diterapkan oleh sekolah-sekolah di Indonesia saat ini masih banyak yang berpusat pada guru. Kondisi tersebut bisa dilihat dari proses KBM yang masih konvensional yaitu banyak menggunakan model pembelajaran secara langsung dengan metode ceramah, semua itu dilaksanakan karena sarana prasarana belum dimanfaatkan seoptimal mungkin dan kurangnya penggunaan contoh atau alat peraga dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut membuat banyak siswa cenderung pasif atau kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga hasil belajarnya pun masih rendah. Salah satu upaya yang perlu dilakukan dalam mengembangkan keakifan siswa adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Example Non-Example sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Tujuan dari artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui tingkat efektifitas dan kelebihan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode Example Non-Example dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam artikel ilmiah ini merupakan studi literatur dengan mereview jurnal nasional maupun internasional yang terkait dan relevan berdasarkan topik dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Teknik analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif dengan mengkompilasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Example Non-Example dinilai sangat efektif dalam meningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Example Non-Example, Keaktifan dan Hasil Belajar.
The world is now entering a global and 21st-century era marked by accelerated scientific and technological developments. Development in the educational sector, in particular, plays a key role in achieving a nation's development goals. The quality of education can be seen from the learning process that takes place in schools. But the learning process adopted by Indonesian schools today is still a lot centered on teachers. Such conditions can be seen from the still conventional KBM process of many direct study models using the lecture method, all of which is done because the infrastructure hasn't been utilized as optimally as possible and the lack of sample use or visual aid in teaching activities. That makes many students more likely to be passive or less active in following the learning process and thus have a low yield. One of the efforts that need to be made in developing student acumen is through the application of a cooperative learning model with the non-samples method so that it can enhance activation and student study results. The purpose of this scientific article is to find out the level of effectiveness and excess cooperative learning models by using the example non-programs in enhancing activity and student study results. The method used in this scientific article is a study of literature by discussing both national and international journals that are related and relevant on topic with established criteria. His analysis techniques use descriptive analysis techniques by compiling. The results of this study indicate that the application of a cooperative learning model with the non-programs of the individual study was highly effective in the increase in activation and student learning.
Keywords: Cooperative Learning Model, Example Non-Example Method, Activation and Learning Results.