Manajemen Redaksi Media Online BASRA (Berita Anak Surabaya) sebagai Media Ramah Anak
Online Mass Media Editorial Management BASRA (Surabaya Children's News), as Child Friendly Media.
Penelitian ini berjudul “Manajemen Redaksi Portal Berita Online Basra (Berita Anak Surabaya) Sebagai Media Ramah Anak”. Melalui penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui manajemen redaksional yang telah dijalankan BASRA sebagai media yang ramah anak. dengan mengangkat berita tentang anak , BASRA ingin menarik pembaca anak-anak dan memperkenalkan dirinya pada khalayak luas.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk mengetahui manajemen redaksional media online pada BASRA dengan menggunakan teori fungsi manajemen POAC (Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaaan, Pengawasan) Terry. Maka peneliti memperoleh informasi mengenai sejarah, produksi berita, menjalankan fungsi manajemen sebagai media ramah anak, dan kerjasama antara 1001 startup media online terutama BASRA dengan Kumparan.
Hasil penelitian ini, menunjukkan manajemen redaksional BASRA (Berita Anak Surabaya) sebagai media ramah anak yang dapat dilihat dari segmentasi yang dipilih yaitu anak-anak, standart operasional prosedur kaidah pemberitaan ramah anak dan konsep berita yaitu berita yang cerdas untuk anak.
Kata Kunci : Manajemen, Manajemen redaksi, Berita Ramah Anak, Basra, 1001 Startup Media Online
This research is entitled "Editorial Management of Basra Online News Portal (Surabaya Children's News) as Child Friendly Media". Through this research, the aim is to find out the editorial management that BASRA has carried out as a child-friendly media. by bringing up news about children, BASRA wants to attract children's readers and introduce itself to a wide audience.
This study uses a case study method to find out the editorial management of online media at BASRA by using the theory of the POAC (Planning, Organizing, Implementing, Supervision) management function of Terry. Then the researchers obtained information about history, news production, carrying out management functions as child-friendly media, and collaboration between 1001 online media startups, especially BASRA and Kumparan.
The results of this study, show the editorial management of BASRA (Surabaya Children's News) as a child-friendly media that can be seen from the selected segmentation, namely children, operational standards for child-friendly reporting procedures and the concept of news that is intelligent news for children.
Key Words: Management, editorial management, Child Friendly News, News, Basra, 1001 Online Media Startups.