ABSTRAK
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PENJUMLAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR
Nama : Hanik Maulidatul Zahara
NIM : 15010644100
Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Budiyono, M.Pd.
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai siswa. Pada pembelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan merupakan salah satu materi yang sangat perlu untuk dikuasai siswa, karena materi ini adalah salah satu materi dasar yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, penjumlahan juga merupakan salah satu materi dasar yang harus siswa kuasai agar memudahkan siswa dalam memahami materi lain. Namun dalam mengajarkannya dibutuhkan suatu media pembelajaran agar dapat membantu siswa memahami materi. Bukan hanya itu, dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik dapat memotivasi siswa untuk semangat dalam belajar. Terdapat beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan untuk materi penjumlahan seperti media gambar, papan flanel, keping warna dan papan penjumlahan. Tetapi dari beberapa media tersebut media papan penjumlahan merupakan media yang lebih tepat digunakan untuk mengajarkan materi penjumlahan pada siswa kelas 1 sekolah dasar. Oleh karena itu peneliti ingin mengkaji apakah media papan penjumlahan memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa, baik itu dari aspek kognitif maupun aspek psikomotor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media papan penjumlahan terhadap hasil belajar (Kognitif dan psikomotor) pada siswa kelas I sekolah dasar.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cerme Lor Gresik. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas I A dan IB SDN Cerme Lor Gresik sebagi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan jumlah siswa masing-masing kelasnya adalah 28 siswa, sehingga jumlah seluruh sampel pada penelitian ini adalah 56 siswa. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes berupa Pre-test dan pos-test serta lembar non-tes berupa rubrik penilaian keterampilan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan menggunakan rubrik penilaian keterampilan untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek psikomotor berdasarkan observasi. Analisis data tes pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (t-test). Sedangkan untuk analisis data non-tes dengan cara membandingkan presentasi skor dari hasil rubrik penilaian keterampilan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media papan penjumlahan berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotor hal ini ditunjukkan dengan diperoleh nilai sig (2-tailed) 0.027 < 0.05 (alpha) dan nilai ( –thitung) -2.271 > (-ttabel) -2.005 sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan adanya pemberian perlakuan dengan penggunaan media papan penjumlahan. Sedangkan untuk presentasi skor pada kelas kontrol diperoleh presentase aktivitas siswa sebesar 76,8 % dan presentase aktivitas siswa pada kelas eksperimen adalah 88,4%, sehingga dapat dikatakan bahwa media papan penjumlahan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan psikomotor.
Kata Kunci : Papan Penjumlahan, Hasil Belajar, Kognitif, Psikomotor.
ABSTRACT
THE EFFECT OF USE OF TOTAL BOARD MEDIA ON RESULTS OF MATHEMATICAL LEARNING IN NUMBER MATERIALS IN BASIC SCHOOL STUDENTS
Name : Hanik Maulidatul Zahara
Study Program : Primary Teacher Education
Faculty : Science Education
Institution Name : State University Of Surabaya
Mentor : Drs. Budiyono, M.Pd.
Mathematics is one of the subjects that must be mastered by students. In mathematics learning, the material for counting operations is one of the material that is very necessary for students to master, because this material is one of the basic material that is very useful in everyday life. In addition, addition is also one of the basic materials that students must master in order to make it easier for students to understand other material. But in teaching it requires a learning media in order to help students understand the material. Not only that, with the use of interesting learning media can motivate students to enthusiasm in learning. There are several learning media that can be used for addition material such as image media, flannel boards, color pieces and addition boards. But from some of the media, the addition board media is a more appropriate media used to teach the addition material to grade 1 students in elementary school. Therefore researchers want to examine whether the summing board media has an influence on student learning outcomes, both from the cognitive and psychomotor aspects. The purpose of this study is to determine the effect of the summing board media on learning outcomes (cogn itive and psychomotor) in first grade students of elementary school.
This research was conducted at Cerme Lor Gresik Elementary School. The samples in this study were class I A and IB students at SDN Cerme Lor Gresik as an experimental class and control class. With the number of students each class is 28 students, so the total number of samples in this study were 56 students. Data collection methods in this study used test and observation methods. The instruments used were test sheets in the form of Pre-test and post-test and non-test sheets in the form of skills assessment rubrics. In this study, researchers used a test sheet to measure student learning outcomes on cognitive aspects and used skills assessment rubrics to measure student learning outcomes in psychomotor aspects based on observation. Analysis of test data in this study using the normality test, homogeneity test and hypothesis test (t-test). Whereas for the analysis of non-test data by comparing the presentation of scores from the results of the skills assessment rubric.
The results showed that addition board media had an effect on cognitive and psychomotor learning outcomes as indicated by the obtained sig (2-tailed) value 0.027 <0.05 (alpha) and (-thitung) -2.271> (-ttabel) -2,005 so that Ho was rejected . This shows that there are significant differences with the provision of treatment with the use of addition board media. As for the presentation of scores on the control class, the percentage of student activity was 76.8% and the percentage of student activity in the experimental class was 88.4%, so that the summing board media had an effect on student learning outcomes on cognitive and psychomotor aspects.
Keywords: Addition Board, Learning Outcomes, Cognitive, Psychomotor.