MEDIA PEMBELAJARAN PROTOTIPE PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI KOMPETENSI MEMBUAT KEMEJA
PROTOPYPE LEARNING MEDIA IN THE SUBJECT OF INDUSTRIAL CLOTHING MAKING COMPETENCE IN MAKING SHIRTS
Busana industri merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa SMK jurusan tata busana. Berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam pelajaran membuat busana industri, khususnya kompetensi membuat kemeja. Prototipe adalah media yang cocok digunakan pada pembelajaran praktik, khususnya pada pelajaran pembuatan busana industri. Penelitian ini membahas tentang media pembelajaran prototipe untuk mata pelajaran pembuatan busana industri kompetensi membuat kemeja. Tujuan penulisan ini untuk (1) Mengetahui langkah-langkah pembuatan media prototipe mata pelajaran membuat kemeja, (2) Mengetahui kelebihan dan kekurangan media prototipe. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur atau kajian pustaka. Metode pengumpulan data studi literatur dilakukan dengan cara mengumpulkan data, membaca, menulis, mengolah data serta menganalisis data yang diperoleh. Data yang diperoleh bersumber dari buku, laporan penelitian, jurnal ilmiah, dan berbagai sumber teori yang relevan sesuai dengan judul dan permasalahan yang diambil oleh penulis. Berdasarkan dari hasil identifikasi dapat disimpulkan bahwa (1) Pembuatan prototipe mata pelajaran membuat kemeja dibuat dengan langkah perlangkah, yaitu yang pertama adalah membuat belahan 2 lajur, memasang saku tempel, menjahit yoke, menjahit bahu, menjahit kerung lengan, menjahit sisi lengan dan sisi badan, memasang manset, menjahit opening pada badan bagian muka kemeja, menjahit kelim kemeja, memasang kerah kemeja, memberi lubang kancing beserta kancing pada belahan 2 lajur dan belahan opening dibagian badan kemeja, (2) Kelebihan media pembelajaran prototipe adalah media yang tepat digunakan pada mata pelajaran membuat kemeja. Karena dengan media prototipe proses pembelajaran terlaksana dengan lancar, hasil belajar siswa meningkat, dan meningkatkan respon siswa. Kekurangan media prototipe pada mata pelajaran membuat kemeja adalah persiapan yang dibutuhkan panjang, bahan yang dibutuhkan banyak dan guru harus lebih kreatif dalam mengembangkan media prototipe.
Kata Kunci : busana, industri, media, pembelajaran, prototipe.
Industrial clothing is one of the subjects given to Vocational High School students majoring in fashion. Based on several studies, it is shown that most students find it difficult in learning to make industrial clothing, especially the competence to make shirts. Prototypes are suitable media to be used in practical learning, especially in industrial fashion making lessons. This study discussed the prototype learning media for the subject of industrial clothing making competence in making shirts. The purpose of this paper is to (1) find out the steps for making prototype media for the subject of making shirts, (2) find out the advantages and disadvantages of prototype media. This research uses the method of literature review. The method of collecting data is literature study by collecting data, reading, writing, processing data and analyzing the data obtained. The data obtained are sourced from books, research reports, scientific journals, and various sources of relevant theories according to the title and problems taken by the author. Based on the identification results, it can be concluded that (1) prototyping of the subject of making shirts is made step by step, namely the first is to make a 2 lane split, install patch pockets, sew yokes, sew shoulders, sew sleeves, sew the sleeves and sides of the body, attaching cuffs, sewing the opening on the body of the front of the shirt, sewing the hem of the shirt, attaching the collar of the shirt, giving buttonholes along with buttons on the 2 lane cleavage and the opening on body of the shirt, (2) the advantages of prototype learning media are the right media to use on the eyes, shirt making lesson. Because with the prototype media the learning process is carried out smoothly, student learning outcomes increase, and increase student response. The disadvantages of prototyping media in the subject of making shirts are that the preparation required is long, the materials needed are many and the teacher must be more creative in developing prototype media.
Keyword: fashion, industry, media, learning, prototype.