Kota Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki benyak potensi di bidang pariwisata. Surabaya kini menjadi destinasi wisata, baik turis lokal maupun mancanegara. Ada banyak pilihan tempat wisata di Surabaya salah satunya ada wisata alam yaitu pantai Kenjeran. Sebagai kota di wilayah pesisir pantai utara pulai Jawa, warga Surabaya juga banyak yang menjadi produsen olahan hasil laut. Di daerah Kenjeran ada sentra olahan hasil laut Kenjeran yang berlokasi di dekat pantai Kenjeran yang berfungsi sebagai destinasi utama untuk belanja oleh-oleh hasil olahan hasil laut Kenjeran. Olahan hasil laut Kenjeran ada banyak pilihan mulai dari ikan asap, ikan kering, kerupuk sampai aksesoris yang terbuat dari kerang. Surabaya juga menjadi salah satu kota dengan pertumbuhan UKM yang cukup baik, dari fenomena tersebut semua elemen bisnis mengalami persaingan yang cukup ketat untuk mncuri hati para konsumen. Untuk memenangkan persaingan maka dalam memasarkan produk produk dibutuhkan berbagai macam strategi untuk tetap dapat bersaing dengan kompetitor. Penelitian ini dilakukan pada pedagang olahan hasil laut Kenjeran yang berjualan di sentra ikan Bulak yang terletak di jl. Cumpat Bulak No. 1 Surabaya. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah non-probabylity berbentuk sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 33 orang rsesponden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk dan orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran sentra olahan hasil laut Kenjeran. Saran untuk sentra olahan hasil laut Kenjeran adalah harus dapat terus meningkatkan kinerja pemasaran agar lebih maksimal, serta penambahan idea tau gagasan baru perlu diperhatikan sehingga mempermudah sentra olahan hasil laut Kenjeran dalam berinovasi.
Kata Kunci : Inovasi produk, Orientasi Pasar, Kinerja Pemasaran
The city of Surabaya is one of the big cities in Indonesia that has a lot of potential in the tourism sector. Surabaya is now a tourist destination, both local and foreign tourist. There are many choices of tourist attractions in Surabaya, one of which is natural tourism, Kenjeran beach. As a city in the northern coast region of Java, many residens of Surabaya also become producers of processed seafood. In the Kenjeran area there is a processing center for Kenjeran seafood which is located near Kenjeran beach which functions as the main destination for Kenjeran seafood products. There are many choices of Kenjeran seafood from smoked fish, dried fish, crackers to accessories made from shellfish. Surabaya as also one of the cities with a fairly good UKM growth, from this phenomenon all elements of business experience intense competition to steal the hearts of consumers. To win the competiton, marketing various products requires a variety of strategies to be able to compete wiyh competitors. This research was conducted at Kenjeran seafood processing traders who sell in the Bulak fish center located on Cumpat street Bulak number 01 Surabaya. The method use for sampling non-probability in the form of saturated samples with a total sample of 33 respondents. The result of the study show that product innovation and market orientation significantly influence the marketing performance of Kenjeran seafood processing centers. Sugestions for the Kenjeran seafood processing center are to be able to continue to improve marketing performance to be more maximal and the addition of ideas to know new ideas need to be considered so as to facilitate the processed sea products center in innovating.
Keyword : Product Innovation, Market Orientation, Marketing Performance.