The Development of Physics Digital Comics on Temperature and Heat Material to Improve The Critical Thinking Ability
Penelitian ini dilakukan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA pada fenomena yang berkaitan dengan materi suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan metode DDDE (Decide, Design, Development, Evaluation) melalui tahapan menentukan komik digital sebagai media pembelajaran, penyusunan alur cerita dan sketsa gambar komik, pembuatan komik secara keseluruhan beserta dialog tokoh, dan evaluasi hasil akhir komik digital melalui uji validasi oleh 3 validator. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa komik digital sangat layak dijadikan media penunjang pembelajaran suhu dan kalor berdasarkan beberapa kriteria, antara lain aspek pembelajaran 89,78%, aspek materi 93%, dan aspek media 93,17%. Komik digital ini layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran secara daring dan memiliki efisiensi waktu dalam penyampaian materi. Dengan begitu, siswa dapat berpikir kritis tentang fenomena suhu dan kalor dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi dari penelitian ini akan memudahkan proses belajar mengajar dari rumah atau School from Home (SFH) selama masa pandemi dan diharapkan dapat dikembangkan pada penelitian selanjutnya.
Kata Kunci : Media, komik, digital, berpikir kritis
This study was conducted to develop temperature and heat learning media for high school students to improve their critical thinking skills regarding the phenomena related to temperature and heat material. This study uses the DDDE (Decide, Design, Development, Evaluation) method. This research begins with the stages of determining digital comics as learning media, compiling storylines and sketching comic images, compiling complete comics along with character dialogues, and evaluating the final results of digital comics. Three validators carried out validation tests. The results of the validation test showed that digital comics were significantly suitable to be used as supporting media for temperature and heat learning based on several criteria, including learning aspects of 89.78%, material aspects of 93%, and media aspects 93.17%. These digital comics were consequently suitable to be used as a medium for supporting online learning and had time efficiency in delivering material. The implication of this study will facilitate the teaching and learning process from home or School from Home (SFH) during the pandemic period and is expected to be developed in further studies.
Keywords: Comics; Critical Thinking; Digital; Media