ABSTRAK
“PENERAPAN STRATEGI SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 4 SIDOARJO”.
Nama : Aris Ainur Rohman
NIM : 13010014029
Program Studi : S-1
Jurusan : Bimbingan dan Konseling
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. BudiPurwoko, M.Pd
Siswa memiliki masalah prokrastinasi akademik seperti datang terlambat ke sekolah, mengerjakan PR di sekolah, serta menunda – nunda mengerjakan tugas. Ini disebabkan karena siswa tidak dapat mengelola waktu secara efektif. Para siswa harus meluangkan waktu untuk belajar, sehingga dapat mengembangkan prestasi akademiknya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah siswa dari prokrastinasi akademik dengan menggunakan strategi self management. dalam bentuk konsultasi individu. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Sidoarjo terhadap siswa kelas XI IPS 3 dan XI IPS 1 yang memiliki masalah prokrastinasi tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test. Itu dianalisis dengan uji wilcoxon di SPSS versi 21. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai asymp.sig (2-tailed) adalah 0,045 yang lebih rendah dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Selain itu, penerapan strategi self management dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 4 Sidoarjo
Kata kunci : Self management, Prokrastinasi akademik.
ABSTRACT
THE IMPLEMENTATION OF SELF MANAGEMENT STRATEGY TO DECREASE ACADEMIC PROCRASTINATION BEHAVIOR FOR THE STUDENTS AT SMAN 4 SIDOARJO
Name : Aris Ainur Rohman
Register Number : 13010014029
Study program : S-1
Department : Guidance and counseling
Faculty : Education Faculty
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Dr. Budi Purwoko, M.Pd
The students have academic procrastination problems such as coming late to school, doing homework at school, etc. There that is caused by ineffectiveness student time management. The students should take the time for studying, therefore they can increasing their academic achievement. Therefore, this research aims to solve the students’ problems of academic procrastination by using self management strategy in the form of individual counseling. It was conducted in 4 Public High School Sidoarjo toward XI IPS 3 and XI IPS 1 graders who have high procrastination problems. The research method is quantitative research with pre experiment derig. The analyzed technive is wilcoxon test in SPSS version 21. The result showed that the value of asymp.sig (2-tailed) is 0.045 which is lower than 0.05. It can be concluded that Ho is accepted and Ha is rejected. Moreover, the implementation of self on management strategy can decrease the students’ academic procrasnation behavior problems in 4 Public High School Sidoarjo.
Keywords : self management, academic procrastination problems