PENERAPAN MEDIA BIDANG MIRING TERHADAP TINGKAT KECEMASAN DALAM HASIL BELAJAR GERAK GULING DEPAN
THE APPLICATION OF INCLINED FIELD MEDIA TO THE LEVEL OF ANXIETY IN LEARNING OUTCOMES OF FORWARD ROLL MOVEMENTS
Gerakan guling depan merupakan salah satu materi yang ada dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Namun terdapat banyak peserta didik yang ternyata tidak berani melakukan gerakan guling depan karena adanya rasa cemas yang berlebih. Peneliti menggunakan media pembelajaran bidang miring untuk membantu mengurangi rasa cemas peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh media pembelajaran bidang miring dalam mengurangi tingkat kecemasan peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode praeksperimen desain one group pre-test posttest. Hasil penelitian menunjukkan pada saat melakukan pretest untuk tingkat kecemasan peserta didik memiliki nilai rata – rata di angka 83,44, setelah diberikan treatment peserta didik mendapatkan nilai rata – rata 80,89. Dari hasil treatment dengan menggunakan media bidang miring, maka tingkat kecemasan peserta didik menurun sebesar 3% dan hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan. Tingkat kecemasan peserta didik SMAN 21 Surabaya kelas XI IPA 3 terhadap pembelajaran gerak guling depan termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan untuk hasil belajar, pada saat melakukan pretest gerak guling depan peserta didik mendapatkan nilai rata – rata di angka 65.28, namun setelah diberikan treatment peserta didik mendapatkan nilai rata – rata 76,67. Maka dari itu peserta didik memiliki peningkatan sebesar 18%.
.
Kata kunci: kecemasan, guling depan, bidang miring
Forward roll movement is one of the materials that exists in the learning of Physical Education. However, there were many students who did not dare to do forward roll movement because of anxiety. The researchers used inclined field media to help reduce anxiety. The goal of this research is to find out how much the influence of the inclined field media in reducing the level of anxiety of the students. The approach used in this research is quantitative descriptive with a pre-experimental design one group pre-test posttest method. The results of the research showed that the pretest for the level of anxiety had an average score of 83.44, after given treatment the students obtained an average rating of 80.89. From the results of the treatment using the media of the inclined field, the student's anxiety rate decreased by 4% and the learning outcome of the student also improved. The anxiety level of 11th-grade students from SMAN 21 Surabaya, specifically in the IPA 3 class, towards forward roll learning, is included in the medium category. As for the learning outcomes, the pretest scores for the forward roll were an average of 65.28, while after the treatment, students achieved an average score of 76.67. Therefore, students experienced an 18% improvement in learning outcomes.
Keywords: anxiety, forward roll, inclined field.