Perkembangan TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur'an) di Keboan Sikep Gedangan Sidoarjo Tahun 1990-2015
Penelitian ini merupakan jenis penelitian sejarah dengan menggunakan metode penelitian sejarah
meliputi tahap-tahap seperti: heuristik (pengumpulan sumber), kritik (pengujian kebenaran sumber), interpretasi
(penafsiran), historiografi (penulisan sejarah). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan latar belakang
berdirinya TPQ di Sidoarjo pada tahun 1990, untuk mendeskripsikan perkembangan TPQ di Keboan Sikep di
Gedangan Sidoarjo pada tahun 1990-2015, dan untuk menganalisis peran adanya TPQ terhadap pertumbuhan
pendidikan keagamaan di Keboan Sikep Gedangan Sidoarjo pada tahun 1990-2015. Dewasa ini lembaga
pendidikan Al-Quran berupa TKQ/TPQ atau sejenisnya telah cukup maju dengan disahkannya PP No. 55 Tahun
2007 tentang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan, makin memperkokoh keberadaan lembaga
pendidikan Al-Quran ini, sehingga menuntut penyelenggarannnya untuk lebih berkompeten. Pendirian TPQ
yang profesional menjadi sangat penting untuk masyarakat yang didalamnya terdapat para pengajar Al-Qur’an
yang sudah mempunyai ketrampilan membaca dan mengajarkan Al-Qur’an. Perkembangan TPQ di desa Keboan
Sikep dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah manajemen, kurikulum, dan peran. Sehingga dengan
berkembangnya faktor tersebut memberikan dampak positif pada lembaga TPQ di Keboan Sikep Gedangan,
seperti dapat meningkatkan dan memberikan pendidikan kepada masyarakat umum untuk mendapatkan
pendidikan agama yang layak dengan berdaya saing , mengembangkan seluruh potensi anak sejak usia dini
dalam rangka mewujudkan pendidikan anak seutuhnya sehingga nantinya terbangun generasi ideal muda masa
depan yang beriman, berakhlak mulia, cerdas, dan mandiri, dan membantu pemerintah dalam mengembangkan
pendidikan berbasis keilmuan. Tulisan ini berusaha menggambarkan perkembangan TPQ di desa Keboan Sikep
Gedangan Sidoarjo dari tahun 1990-2015. Hasil tulisan ini diupayakan, menjadi wawasan sekaligus wacana dan
aksi awal untuk mengembangkan TPQ di lembaga pendidikan Islam Indonesia.
Kata Kunci: taman pendidikan al-qur’an (TPQ), perkembangan, peran.
This study is kinds of historical study which used some historical method, such as: heuristc (the source
collection, critic (the source validity), interpretation, historiography (the historical writing). The purpose of this
study is to explain the establishing background of TPQ at 1990, to describe TPQ progress in Gedangan
Sidoarjo at 1990-2015, and to analyze the roleof TPQ toward the growth of religious education in Keboan Sikep
Gedangan Sidoarjo 1990-2015. Nowadays the Al-Qur’an educational institution, such as TPQ/TKQ or the
others has enough advanced with PP No.55 Tahun 2007 about religion educational and religious educational
being passed, the existence of TPQ getting stronger, this demands the organizers to be more competen. The
professional establishing of TPQ becomes more important for the society which has Al-Qur’an teachers who
already have reciting skill and teaching Al-Qur’an. There are some factors which give effect for progress of
TPQ. They are management, curriculum, and role. If the factors give well development, it will give positive
effect for TPQ in Keboan Sikep Gedangan Sidoarjo., like to increase and give education for society to get good
religion educational, to develop all childhood potency for create childhood educational completely so that later
can build the ideal generation in the future, have good character, intelligent and independent, also assist the
governmet to develop science based education.This swtudy is trying to describe the progress of TPQ in Keboan
Sikep village Gedangan Sidoarjo from 1990 until 2015. The result of this study is striving becomes concept and
discourse also the early action to develop TPQ in Indonesia religion educational institution.
Keywords: Al-Qur’an education garden(TPQ), progress, role.