Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan suatu ilmu yang mempelajari kondisi alam yang kemudian dikembangkan oleh ahlinya melalui suatu penelitian ilmiah, sehingga IPA bukan hanya sekumpulan penugasan yang berupa konsep, fakta ataupun prinsip namun juga satu proses penemuan dengan harapan bahwa melalui pembelajaran IPA, peserta didik mendapatkan pengalamannya secara langsung sehingga dapat memahami kondisi alam dan memeperoleh pemahaman tentang IPA secara mendalam. Pembelajaran IPA tentu tidak bisa dilakukan jika hanya mengandalkan sebuah konsep saja, namun pada proses pembelajarannya IPA juga harus menerapkan pembelajaran secara praktik. Berdasarkan hasil observasi pada tiga sekolah dasar di kota Sidoarjo, proses pembelajaran IPA masih didominasi oleh guru. Dalam menyampaikan materi guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan model pembelajaran langsung, sehingga pembelajaran lebih berpusat pada guru yang menyebabkan siswa kurang berpartisipasi aktif dan hasil belajar siswa rendah. Oleh sebab itu saat ini sangat dibutuhkan suatu pembelajaran inovatif yang dapat memberikan suatu pengalaman belajar yang bermakna, serta meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut maka saat ini sangat dibutuhkan suatu model pembelajaran yang sesuai dan diharapkan dapat mendukung keadaan tersbut. Salah satunya yakni model learning cycle tipe 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate and Extend). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle tipe 7E terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Keterlaksanaan pembelajarannya dianalisis dalam bentuk persentase berdasarkan pengamatan dari setiap aspek yang telah ditentukan. Sedangkan data hasil belajar pretest dan posttest dianalisis dengan menggunakan uji t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dengan menggunakan model learning cycle tipe 7E sudah terlaksana dengan sangat baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada saat mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model learning cycle tipe 7E juga sudah terlaksana dan memiliki kemajuan yang baik. Berdasarkan hasil perhitungan dnegan menggunakan uji t-test telah didapatkan bahwa thitung> ttabel (2,493>1,71088) dan signifikansi <ɑ = 5% atau 0,05 (0,016<0,05) yang berarti bahwa Ho ditolak. Jadi dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara gain kelas eksperimen dnegan kelas kontrol. berdasarkan hasil tersebut maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan model learning cycle tipe 7 dengan hasil belajar siswa kelas kontrol tanpa menerapkan model learning cycle tipe 7E di kelas V SDN Kenongo I.
Kata Kunci: Model learning cycle tipe 7E, hasil belajar
Natural Science (IPA) is a science which studies the natural conditions and developed by some experts through scientific research. So that science is not only a form of concepts, facts or principles but also a process of scientific discoveries. Through this branch of science students will get the experiences directly and a profound of understanding the natural conditions also natural science. Even though science is cannot be done if only using the concepts, therefor practices are much needed in learning science. Based on the observations at three elementary schools in Sidoarjo, it is shown that a process of learning science is still dominated by teachers. Teachers are focus to deliver the materials by oral communication and direction learning models, it makes the teachers become the center in a class and participation, activities, and student outcomes are unpretentious. Therefore, innovative learning that can provide a meaningful learning experience, and improve the outcomes of students is more needed in learning science. Consequently, to realize it, learning models that match with the innovation will be created to espouse learning science at this time. One of those models is type 7E of the learning cycle (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate and Extend). This study aims to determine the effect of type 7E of the learning cycle in the student outcomes.
This research is using a quantitative with a quasi-experimental method. The design is using Nonequivalent Control Group Design. To collect the data, this research using observation and tests. The learning implementation will be analyzed in the form of a percentage which has been determined based on observations from each aspect. While the outcomes data of learning science from the pretest and posttest has been analyzed using the t-test.
The result of using type 7E learning cycle by teacher activities is accomplished very great. Whereas the implementation in students participations using type 7E of the learning cycle to their activities is done and it shows well. According to the results of calculations using the t-test, this research found that tcount> t table (2.493> 1.71088) and significance <ɑ = 5% or 0.05 (0.016 <0.05) which means that Ho is rejected. Moreover, the significance is quite different between the gain experimental class and control class. Based on these results, it can be concluded that there is a difference significant of the learning outcomes among the students of an experimental class who apply the type 7 learning cycle with the learning outcomes of students from control class without applying the type 7E learning cycle in V grade Kenongo I Elementary School.
Keyword: type 7 learning cycle model, student result