Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan strategi pembelajaran konflik kognitif, peningkatan keterampilan bertanya siswa, dan respon siswa dari hasil penerapan strategi pembelajaran konflik kognitif pada materi perubahan fisika dan perubahan kimia. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan satu kelas perlakuan. Teknik pengumpulan data yaitu metode observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis penelitian meliputi: 1) keterlaksanaan pembelajaran; 2) peningkatan keterampilan bertanya siswa; 3) respon siswa. Hasil keterlaksanaan pembelajaran memperoleh modus skor 3 termasuk kategori baik. Hasil keterampilan bertanya siswa pada pertemuan pertama memiliki kriteria sedang dengan rata-rata persentase sebesar 54,58% sementara pada pertemuan kedua memiliki kriteria tinggi dengan rata-rata persentase sebesar 76,04%. Respon siswa memiliki respon yang positif dengan rata-rata presentase sebesar 88,13% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi konflik kognitif sebagai scaffolding bertanya siswa SMP pada materi perubahan fisika dan kimia dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa.
Kata kunci : Strategi konflik kognitif, Scaffolding, Keterampilan bertanya.
The research aims to describe the results of implementation of cognitive conflict learning strategies, improvement of students' questioning skills, and students’ responses from the results of the application of cognitive conflict learning strategies to the physics and chemical changes. This type of research used in this research is descriptive quantitative. This research uses one treatment class of treatment. The techniques for collecting the data are done by having observation and questionnaire. The data analysis uses quantitative descriptive techniques. The results of the research analysis include: 1) the implementation of learning; 2) improvement of students' questioning skills; 3) students’ responses. The results of the implementation of learning obtain a mode 3 score which is a good category. The results of students' questioning skills in the first meeting have moderate criteria with an average percentage of 54.58%, while in the second meeting have high criteria with an average percentage of 76.04%. Students' responses have a positive reaction with an average percentage of 88.13% which is a very good category. Based on the results of the study it can be concluded that the cognitive conflict strategy as a scaffolding of junior high school students in asking questions on physics and chemistry changes can improve students' questioning skills.
Keywords: Cognitieve Conflict, Scaffolding, Questioning skills.