Keefektifan Aplikasi Google Classroom Sebagai Penunjang Media Pembelajaran Mata Pelajaran Kearsipan di SMKN 10 Surabaya
The Effectiveness of the Google Classroom Application as a Supporting Media for Archival Subject Learning at SMKN 10 Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran daring melalui aplikasi google
classroom pada mata pelajaran kearsipan. Penggunaan google classroom diharapkan mampu
membantu guru dalam menyampaikan materi dan tugas kepada siswa serta menjadikan siswa disiplin
dalam pengumpulan tugas dengan fitur yang ada di google classroom. Penelitian ini termasuk
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa
wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan
triangulasi sumber. Responden yang dituju oleh peneliti yaitu guru mata pelajaran kearsipan dan
siswa SMKN 10 Surabaya. Hasil penelitian ini adalah google classroom efektif digunakan pada mata
pelajaran kearsiapan karena guru dan siswa mudah untuk mengakses sesuai dengan pembelajaran
yang diberikan. Efektivitas pembelajaran kearsipan dapat terlihat dari hasil belajar siswa yang
signifikan mengalami peningkatan setiap waktu melalui tugas dan kuis. Respon siswa
mengenai proses pembelajaran daring mata pelajaran kearsipan menggunakan aplikasi google
classroom yaitu siswa menjadi lebih senang menggunakan google classroom dikarenakan
kemudahan menggunakan fitur dan guru yang tidak memberikan beban tugas yang banyak,
google classroom memiliki sifat fleksibel yang mudah di akses dimanapun dan kapanpun,
terkait kendala akses internet dari tidak adanya jaringan maupun handpone yang digunakan
sebagai pendukung semua siswa untuk pelaksanaan pembelajaran daring.
Keywords: Keefektifan, Google Classroom, Media Pembelajaran
This study aims to determine the effectiveness of online learning through the Google application classroom on archival subjects. The use of google classroom is expected to be able assist teachers in delivering material and assignments to students and make students disciplined in collecting assignments with features in Google Classroom. This research includes descriptive research with a qualitative approach. The data collection techniques used are: interviews, observations, and documentation, while the data analysis technique used data reduction, presentation of data, drawing conclusions. Test the validity of the data in this study using source triangulation. Respondents addressed by the researchers are archiving subject teachers and students of SMKN 10 Surabaya. The results of this study are that Google Classroom is effectively used on the eyes archiving lessons because teachers and students are easy to access according to learning which is given. The effectiveness of archival learning can be seen from the student learning outcomes thats ignificantly improved each time through assignments and quizzes. Student response regarding the online learning process for archiving subjects using the Google application classroom, that is, students are happier using Google Classroom because: ease of use of features and teachers who do not provide a lot of workload,Google Classroom has a flexible nature that is easy to access anywhere and anytime,related to internet access constraints from the absence of a network or mobile phone being used as a supporter of all students for the implementation of online learning.
Keywords: Effectiveness, Google Classroom, Learning Media