The Validity of The Sketchup Media-Assisted Learning Device in Construction Cost Estimation Lessons at SMKN 1 Kemlagi
Media pembelajaran berguna sebagai sumber belajar yang membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa dan memudahkan terjadinya proses belajar. Media yang cukup familier digunakan oleh siswa Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) adalah software SketchUp. Software ini merupakan program yang dirancang untuk membuat permodelan 3 dimensi dari gambar 2 dimensi arsitektur, interior dan eksterior dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dan penggunaan media software SketchUp. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian jenis Research and Development dan hanya dilakukan hingga tahap validasi produk. Data penelitian didapatkan melalui instrumen penilaian berupa angket validasi kepada dosen dan guru pengampu mata pelajaran. Penilaian angket mempunyai 5 kategori skor penilaian, yakni (1) sangat tidak layak, pada skor 0%-20%; (2) tidak layak, pada skor 21%-40%; (3) cukup, pada skor 41%-60%; (4) layak, pada skor 61%-80%; dan (5) sangat layak, pada skor 81%-100%. Rerata skor pada perangkat silabus adalah 94,29%. Hasil validasi perangkat pembelajaran yang berupa silabus, mendapatkan persentase total 82,86% dengan kategori sangat layak. Untuk validasi perangkat pembelajaran RPP diperoleh persentase total 80,48% dengan kategori layak untuk diterapkan. Kedua perangkat pembelajaran yang dibuat mendapat predikat sangat layak untuk diterapkan di dalam mata pelajaran dengan materi pemasangan pondasi. Hasil validasi media software sketchup dikategorikan sangat layak dengan hasil rata-rata validasi media software sketchup adalah 78,89%.
Learning media is useful as a learning resource that helps teachers in conveying material to students and facilitates the learning process. A fairly familiar medium used by Modeling and Building Information Design (DPIB) students is the SketchUp software. This software is a program designed to create 3-dimensional modeling from 2-dimensional architectural, interior and exterior drawings and others. This study aims to determine the feasibility of tools learning and use of SketchUp software media. This research was conducted using Research and Development type research and was only carried out until the product validation stage. The research data was obtained through an assessment instrument in the form of a validation questionnaire to lecturers and subject teachers. The questionnaire assessment has 5 categories of scoring scores, namely (1) very inappropriate, at a score of 0% -20%; (2) not feasible, at a score of 21%-40%; (3) sufficient, at a score of 41%-60%; (4) feasible, at a score of 61% -80%; and (5) very feasible, at a score of 81%-100%. The average score on the syllabus is 94.29%. The results of the validation of learning tools in the form of a syllabus, get a total percentage of 82.86% with a very decent category. For the validation of lesson plans learning tools obtained a total percentage of 80.48% with a feasible category to be applied. The two learning devices that were made received the predicate that they were very feasible to be applied in subjects with foundation installation material. The results of the SketchUp software media validation are categorized as very feasible with the average SketchUp software media validation results being 78.89%.