Model project based learning adalah model pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran (student centered), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model project based learning dapat memengaruhi aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Domas.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan quasi-experimental design tipe nonequivalent sampled group design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar dan variabel bebasnya adalah model project based learning. Sampel yang dipilih pada penelitian ini menggunakan yaitu siswa kelas IV-A berjumlah 20 siswa dan siswa kelas IV-B berjumlah 20 siswa, dengan menggunakan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pre test dan post test) dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji n-gain ternormalisasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model project based learning yang digunakan untuk mengajarkan materi kegiatan ekonomi berdasarkan daerah tempat tinggal berpengaruh signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t aktivitas belajar diperoleh nilai thitung (6,975) > ttabel (2,08596), sedangkan hasil uji t hasil belajar siswa untuk pretest menunjukkan thitung (0,414) < ttabel (2,085) dan hasil posttest diperoleh thitung (4,255) > ttabel (2,085). Dengan demikian model project based learning dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran dalam pembelajaran IPS kelas IV SD.
The project based learning model is a learning model that places students as the center of learning (student centered). This study aims to determine whether the use of project based learning models can influence the learning activities and outcomes in social studies learning in grade IV of SDN Domas.
This study uses a quantitative method with quasi-experimental design type nonequivalent sampled group design. The dependent variable in this study is activity and learning outcomes and the independent variable is the project based learning model. The sample chosen in this study uses namely IV-A class students totaling 20 students and IV-B class students totaling 20 students, using the sample random sampling technique. Data collection techniques use tests (pre test and post test) and observation. The research instrument used was in the form of a test sheet and observation sheet. Instrument analysis technique uses validity test and reliability test. While the data analysis technique uses the normality test, homogeneity test, hypothesis test, and normalized n-gain test.
The results of this study indicate that the project based learning model that is used to teach economic activity material based on the area of residence has a significant effect on student learning activities and outcomes, this is evidenced by the results of t-test of learning activities obtained thitung (6,975) > ttable (2,08596), while the results of the t test of student learning outcomes for the pretest showed thitung (0,414) < ttabel (2,085) and the posttest results obtained thitung (0,414) < ttabel (2,085). Thus the project based learning model can be used as an alternative learning model in social studies learning in grade IV elementary school