ABSTRAK
PENERAPAN
MODEL
PEMBELAJARAN PROJECT
BASED LEARNING DENGAN
MENGGUNAKAN
MEDIA SKETCHUP PADA MATA
PELAJARAN
KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG KELAS XI
DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO
Nama
: Beni Adam
NIM
: 140505340 11
Program
Studi : S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Jurusan
: Teknik Sipil
Fakultas
: Teknik
Lembaga
: Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing
: Hendra Wahyu
Cahyaka , S . T., M.T.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kelayakan perangkat
pembelajaran pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning
menggunakan media sketchup ; (2) keterlaksanaan pembelajaran
terhadap penerapan model pembelajaran Project
Based Learning menggunakan media sketchup ;
(3) hasil belajar siswa terhadap penerapan model
pembelajaran Project Based Learning
menggunakan media sketchup .
Jenis
penelitian ini adalah one shot case study dengan
bentuk Pre-Experimental Design . Sampel
penelitian adalah siswa kelas X I DPIB 1 SMK Negeri 2 Bojonegoro tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah
3 0 siswa. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar validasi media
pembelajaran, lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis kelayakan perangkat pembelajaran, analisis
keterlaksanaan pembelajaran, analisis hasil belajar serta uji-t satu pihak kiri.
Hasil
penelitian ini adalah (1) hasil kelayakan silabus
sebesar 85,33 % , hasil kelayakan rencana perangkat pembelajaran
sebesar 87,89%, hasil handout sebesar
85,00%, hasil kelayakan soal tes hasil belajar sebesar 84,17% dan hasil
kelayakan media sebesar 4,44% ;
(2) H asil keterlaksanaan pembelajaran pada
pertemuan 1 sebesar 82,92 %,
pada pertemuan 2 sebesar 83,33 %
dan pada pertemuan 3 sebesar 84, 12 %;
(3) Hasil penilaian tes hasil kerja rata-rata yang diperoleh seluruh siswa adalah 82,08 dengan jumlah 29 siswa
mencapai KKM (tuntas) dan 1 siswa berada di bawah KKM
(tidak tuntas) dan
ketuntasan klasikal hasil
belajar siswa memperoleh prosentase 96,67 %
dengan skor rata-rata 82,64 , sedangkan siswa yang
berada di bawah KKM (tidak tuntas) memperoleh
prosentase 3,33 % dengan skor rata-rata 66,00 . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, ketuntasan hasil belajar siswa
memperoleh prosentase rata-rata sebesar 96,67% yang berada pada rentang nilai
81-100% dengan kategori sangat tinggi
Kata Kunci
: Project Based Learning, Sketchup, Hasil Belajar Siswa